PEMERINTAHAN

Berdasarkan Undang – Undang Republik Indonesia No. 8 Tahun 2001 tanggal 12 Juni 2001 Tambahan Lembaran Negara No. 4115, Kota Pagar Alam mulai berdiri sendiri sebagai Kotamadya dan terpisah dari Kabupaten Lahat. Wilayah Kota Pagar Alam meliputi 5 Kecamatan yaitu: Pagar Alam Utara, Pagar Alam Selatan, Dempo Utara, Dempo Tengah dan Dempo Selatan dengan luas wilayah 633,66 Km2. Jumlah Kelurahan di kota ini berjumlah 35 Kelurahan.

Penduduk pada akhir tahun 2011 mencapai 127.706 jiwa. Sebagai daerah yang baru terbentuk, sistem pemerintahan di kota Pagar Alam masih perlu banyak perbaikan terutama masalah personil dan sarana. Akan tetapi jika dilihat dari kategori kelurahan yang ada, Kota Pagar Alam telah mempunyai modal dasar yang solid untuk melangkah ke depan.

Indikator ini terlihat dari seluruh 35 kelurahan tergolong sebagai kelurahan swadaya. Di samping itu, seluruh Lembaga Ketahanan Masyarakat Kelurahan (LKMK) yang ada di kelurahan sudah termasuk dalam kategori III.

Keikutsertaan masyarakat dalam pemerintahan juga cukup tinggi. Hal ini bisa dilihat dari tingginya partisipasi masyarakat yang ikut serta dalam Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, DPRD, Presiden serta Wapres tahun 2009. Pemilu ini diikuti oleh 94.494 pemilih yang termasuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2009 yang menyalurkan hak pilih pada 347 Tempat Pemungutan Suara (DPT) yang tersebar di seluruh Kota Pagar Alam. Hasil akhir dari Pemilu tersebut telah menempatkan keanggotaan DPRD Kota Pagar Alam Tahun 2009-2014. (*)

You can leave a response, or trackback from your own site.