Antisipasi Hama Keong Mas dan Kepi

Pertanyaan : Memasuki musim tanam padi di awal tahun ini, sebagai petani, kami mengharapkan perhatian dan solusi dari instansi terkait dalam mengantisipasi berbagai hama penyakit yang menyerang tanaman padi, diantaraya keong mas, kepi atau kepinding tanah dan sejenis cendawan, yakni penyakit blast. Jika tak ada upaya antisipasi, dipastikan produksi panen kami bakal merosot

 

Jawaban : Beberapa serangan hama ini memang kerap ditemui dan patut diwaspadai para petani. Antisipasinya, tanaman perlu mendapat perhatian ekstra, terlebih masih tanaman muda atau berumur kurang dari dua bulan. Hama keong mas, bisa ditanggulangi cara sederhana atau tradisional. Seperti menebar perangkap di areal sawah dengan meletakkan daun pepaya, pelepah pisang dan sarang tawon. Hama ini akan berkumpul di perangkap ini, yang memudahkan untuk membersihkan hama di areal sawah.

 

Sementara untuk hama kepik, pada saat tanaman masih berumur dibawah dua bulan, petak sawah jangan sampai kering. Sebab, hama ini merusak bagian pangkal batang padi muda untuk mengambil sari tanaman. “Untuk penanggulangan serangan hama, disarankan untuk tidak menggunakan pestisida kimia. Pun serangan penyakit blast yang lebih dikenal petani lokal sebagai penyakit Abang, serangan penyakit yang disebabkan cendawan ini (jamur, red), bisa menggunakan fungisida yang berbahan alami atau trikoderma. Jika ada gejala serangan hama penyakit cepat ditanggulangi, terlebih jika kerusakan berpotensi gagal panen.

 

 

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kota Pagaralam Jumaldi Jani SP/Humas Pemkot

 

You can leave a response, or trackback from your own site.