Hindari Makanan Ini Agar Tidur Lebih Baik

Sulit tidur di malam hari tak hanya dikarenakan padatnya kegiatan atau kondisi yang terus gelisah. Pola makan ternyata juga mempengaruhi susahnya tidur saat malam hari. Untuk menjaga kualitas tidur, sebaiknya hindari 5 asupan berikut yang bisa mengganggu saat tubuh beristirahat.

1. Kafein, kebanyakan orang sudah mengetahui dampak buruk kafein, yang menyebabkan mata tak bisa menutup walau jam tidur telah tiba. Kafein juga terdapat dalam teh maupun obat yang dijual bebas. Bila seseorang sensitif terhadap kafein, sebaiknya pilih kopi non-kafein.

 

2. Alkohol, sebagian besar orang menyangka, alkohol akan membantu rileks hingga kemudian bisa tertidur. Hasil riset membuktikan alkohol menyebabkan seseorang kerap terbangun di malam hari. Alkohol juga menyebab frekuensi tidur REM (Rapid Eye Movement) berkurang.

 

3. Air,air memang baik untuk mengurangi berat badan dan menjaga kesehatan tubuh. Namun air punya efek samping, yaitu menyebabkan terbangun di malam hari untuk buang air kecil. Kondisi ini mengganggu siklus tidur. Sebaiknya berhenti minum 60 – 90 menit sebelum tidur.

 

4. Makanan yang disimpan terlalu lama dan fermentasi, makanan yang disimpan terlalu lama dan hasil fermentasi mengandung tyramin, yaitu asam amino yang merangsang kerja otak terus bekerja sepanjang malam. Seperti, ikan asap, daging olahan, dan keju termasuk ngemil.

 

5. Produk pangan berbahan tomat, segala sesuatu yang mengandung banyak asam akan menimbulkan rasa terbakar dan tidak nyaman sepanjang malam. Contoh hidangan dengan tingkat asam tinggi adalah, makanan pedas dan berbahan tomat. (net/CE-V)

 

You can leave a response, or trackback from your own site.