Tak Perlu Obat, Diet Sehat Bisa Turunkan Kolesterol

 

Saat ini tidak sedikit orang yang menghadapi masalah kesehatan karena kadar kolesterol tinggi. Tingginya kadar kolestrol merupakan salahsatu penyebab terjadinya serangan jantung, stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya. Terkadang obat kimia sebagai solusi bagi orang-orang menurunkan kadar kolesterol dengan cepat. Namun, justru efek sampingnya malah menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Ada cara lain yang lebih aman dan efektif, yakni berdiet sehat mengendalikan kadar kolesterol ditubuh.

 

 

 

Darimana Kolesterol Berasal?

 

Dua sumber utama kolesterol dalam tubuh adalah tubuh itu sendiri, yakni organ Hati memproduksi kolesterol darah untuk melaksanakan fungsi-fungsi tertentu dalam tubuh. Dan makanan yang kita konsumsi.

 

 

 

Pentingnya Menjaga Kadar Kolesterol

 

Asupan makanan dengan kolesterol berlemak jenuh dapat meningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Yang berujung, kolesterol tambahan mengendap di arteri yang akhirnya membatasi aliran darah normal, membuat arteri tersumbat, dan dapat berakibat menyebabkan stroke. Oleh karena itu, gaya hidup sehat dan pola makan sehat adalah langkah yang tepat dan tetap menjaga kebugaran melalui latihan fisik yang teratur.

 

 

 

Menu diet rendah kolesterol dengan mengonsumsi buah dan sayuran, karena mengandung vitamin dan mineral, tidak mengandung lemak dan kadar kalorinya rendah juga sumber makanan yang kaya serat yang berguna mengikat kolesterol dan mengeluarkan dari tubuh. Coba konsumsi daging tanpa lemak seperti kalkun, ayam dan ikan ke dalam daftar makanan rendah kolesterol.

 

Sebisa mungkin hindari produk tepung putih, kecuali biji-bijian dan sereal dalam makanan. Tepung putih memiliki jumlah karbohidrat yang tinggi dan konsumsi makanan seperti ini dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Penderita kolesterol tinggi sebaiknya tetap mengonsumsi susu, yakni susu rendah lemak. Minyak dan lemak harus dihindari seperti mentega, margarin dan minyak yang mengandung lemak jenuh. Untuk menggantinya, cobalah mengonsumsi minyak ikan sebanyak 3 – 4 kali seminggu untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. (net/CE-V)

 

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply