Perbedaan Bentuk Menjadi Pembeda

DSC_0083 DSC_0097

ADA BANYAK nama dan jenis senjata tradisional khas Besemah. Seperti di antaranya, Gubang, Kudok, Pisau. Untuk membedakan satu dengan yang lainnya, menurut Sentik, bisa dilihat dari bentuknya. Bentuk dan ukuran merupakan pembeda senjata tradisional Besemah.

“Misalnya saja antara Gubang dan Kudok, keduanya memiliki perbedaan dari bentuk matanya. Gubang memiliki mata yang melengkung, sedangkan kudok memiliki mata yang lurus, sama dengan mata pisau,” jelas wanita yang telah belasan tahun menjual senjata tradisional khas Besemah ini.

Kudok juga memiliki banyak nama, mulai dari Kudok Betolok, Kudok Betakok dan Kudok Rambai Ayam. Pun dengan pisau, sesuai dengan bentuknya, ada Pisau Panjang, Pisau Pandak. Disamping itu, ada jenis peralatan yang biasa digunakan sebagai alat pertanian. Misalnya, Arit dan Sengkuit. Keduanya berbeda dilihat dengan matanya, arit bermata segi empat, sedangkan sengkuit bermata bengkok

“Kalau orang yang sudah terbiasa, melihat dari bentuknya saja sudah langsung bisa menerka namanya,” tambahnya.

Berbicara masalah harga, disebutkannya juga tergantung dengan ukuran. Satu buah gubang dihargai sebesar Rp.50 ribu, Kudok Rp.45 ribu per buah, pisau panjang Rp.60 ribu per buah, dan pisau pendek Rp.60 ribu per buah

Berbeda dengan jenis dagangan lainnya, menjual senjata tradisional khas Besemah selain memilki nilai seni tersendiri, juga tak tergantung dengan musim. Hal inilah yang membuat dirinya merasa kerasan untuk terus berjualan senjata tradisional Besemah itu. “Untuk pembeli tidak menentu, terkadang banyak kadang sedikit. Cukup baguslah,” ungkapnya. (11/CE-V)

You can leave a response, or trackback from your own site.