Hewan Berkaki Empat Banyak Berkeliaran

EMPAT LAWANG – Hewan berkaki Empat banyak berkeliaran di Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, Satpol-PP akan melakukan razia. Kasat Pol-PP Suandi Sony mengatakan untuk menindaklanjuti adanya Peraturan Daerah (Perda) larangan terhadap hewan berkaki empat berkeliaran pihaknya akan melakukan razia dan untuk saat ini pihaknya sudah memberikan surat edaran kepada Lurah dan RT dengan maksud untuk memperingati kepada warga yang ada memiliki ternak kaki empat agar tidak diliar. “Ya dalam waktu dekat kita akan melakukan razia, kalau mengenai waktunya nanti dan belum bisa dipastikan kapan,” ujarnya, kemarin.

Dikatakan Suandi sekarang ini memang banyak hewan kaki empat yang berkeliaran seperti Sapi, Kambing, Kerbau dan Anjing. Keberadaan hewan ternak itu tentunya sangat dan merusak pemandangan kota, selain itu juga menganggu kenyamanan para pengendara baik itu kendaraan roda dua ataupun roda empat. Tentunya itu sangat membahayakan khususnya pengendara kendaraan roda dua dan bisa-bisa mengakibatkan kecalakaan berlalu lintas. “Ya bisa saja menyebabkan kecelakaan berlalu lintas dan itu sangat membahayakan keselamatan orang lain, makanya akan kita tertibkan,” jelasnya.

Apakah ada sanksi bagi pemiliknya? Suandi menyatakan kalau untuk sanksinya belum ada dan hanya diperingatkan bagi yang memiliki hewan tersebut, agar tidak lagi meliarkan hewan ternak mereka. Namun kalau masih saja dilepaskan dan terpaksa hewan tersebut kita tangkap, kemudian tidak dikembalikan kepada pemiliknya. “Kalau masih saja melanggar, terpaksa kita menahan hewan tersebut dan tidak dikembalikan kepada pemiliknya,” tegasnya.

Lebih lanjut dia menghimbau kepada seluruh warga di Kecamatan Tebing Tinggi untuk tidak meliarkan hewan ternaknya dan harus dikandang. “Yang ada ternak hewan berkaki empat kiranya dapat dijaga, jangan sampai diliarkan karena ini sudah ada Peraturan tersendiri,” pintanya.

Dia menambahkan untuk razia sendiri baru dilakukan untuk Kecamatan Tebing Tinggi saja dan untuk Kecamatan lainnya akan diusahkan dikarenakan dana oprasionalnya terbatas. “Ya baru Kecamatan Tebing Tinggi saja dan untuk Kecamatan lain belum karena dana oprasional terbatas,” tukas Suandi. (07)

You can leave a response, or trackback from your own site.