Tiap 100 Meter Dipasang Trash Boom





PAGARALAM POS, Pagaralam – Guna mengatasi masalah sampah di sungai dan mencegah terjadinya banjir akibat sumbatan sampah, Pemkot Pagaralam akan memasang Trash Boom atau penjaring sampah. Penjaring sampah ini akan dipasang dengan jarang tiap 100 meter di aliran sungai.
Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati Basjuni mengatakan, sampah yang dibuang di sungai masih cukup banyak. Hal ini karena kurang sadarnya masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai. Akibatnya dampak sampah cukup banyak selain banjir tumpukan sampah menghambat aliran sungai.
“Kita sangat kasihan dengan warga yang tinggal di daerah hilir. Pasalnya, mereka setiap hari membersihkan sampah yang dibuang warga di hulu,” kata Ida.




Untuk itulah, kata Ida, pihaknya meminta agar Dinas PU Kota Pagaralam memasang penjaring sampah di saluran siring atau sungai. Dengan dibuatnya saringan untuk menghambat sampah. “Nantinya penjaring sampah akan dibuat di setiap 100 meter. Jadi akan diketahui dari mana sampah-sampah ini berasal, karena jika di satu titik tidak ada sampah maka di titik lain ada berarti di titik tersebut masyarakat yang banyak membuang sampah,” tegasnya.




Dengan dibuatnya penjaring sampah ini pihaknya akan bekerjasama dengan warga itu sendiri. Warga yang ada akan membersihkan sampah tersebut lalu dibuang di tempat sampah yang sudah banyak disebar di lingkungan pemukiman warga.
“Untuk di kelurahan Besemah Serasan, terlihat warga mengobrol di tepi saluran air. Warga tersebut nyaman karena bersih. Kalau kotor mungkin tidak akan bertahan lama berbincang di sana,” tuturnya. (08/CE-V)

You can leave a response, or trackback from your own site.