106 Penyakit Ringan tak Dirujuk

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Masyarakat di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati masih banyak belum memahami prosedur mengenai rujukan dari Puskesmas ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).




Hal itu terbukti masih banyak ditemukan pasien yang ribut mengenai rujukan di RSUD Empat Lawang. Padahal sudah ada aturan, 106 penyakit ringan tidak boleh dirujuk ke RSUD.




Plt Direktur RSUD Empat Lawang, Dr Devy Andrianty, melalui Kabid Pelayanan, Seragi Saur mengatakan, bahwa masyarakat yang ingin meminta rujukan itu harus sesuai prosedur.




“Jangan baru batuk dan demam sedikit sudah minta rujuk. Coba berobat terlebih dahulu di Puskesmas. Jika sudah berobat di Puskesmas tak kunjung sembuh, baru minta rujukan ke RSUD,” ungkap Saur.




Semua aturan mengenai rujukan, sebut Saur, bukanlah pihak RSUD Empat Lawang yang membuat, melainkan berdasarkan peraturan menteri kesehatan (Permenkes) nomor 28 tahun 2014, dan hingga saat ini belum ada perubahan.




“Seperti pelayanan BPJS Kesehatan. Pada tahun 2014 yang lalu, mereka menyampaikan surat edaran tentang prosedur berobat bagi pasien BPJS, untuk dilaksanakan rumah sakit. Jika tidak kita ikuti prosedur yang telah dibuat itu, tentu kita tidak bisa klaim biaya pengobatan ke pihak BPJS,” jelas saur.




Pihaknya, kata Saur, dalam waktu dekat akan meminta izin kepada Dinas Kesehatan untuk melakukan sosialiasi di setiap Puskesmas di Kabupaten Empat Lawang mengenai rujukan, termasuk juga pelayanan terhadap pasien. “Nanti saat sosialisasi, setiap jajaran di Puskesmas akan kita undang,” pungkasnya. (07/CE-V)

You can leave a response, or trackback from your own site.