November, Akreditasi RSUD Dinilai

PAGARALAM POS, Pagaralam – Pembenahan pelayanan terus dilakukan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Besemah guna mengejar hasil akreditasi. Sebelumnya, telah disurvei tim Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dari Kementerian Kesehatan. “Sebelumnya sudah disurvei. Saat ini kita tinggal menunggu penilain dari Tim KARS. Jika tak ada halangan, sekitar akhir November kembali melakukan penilaian ke RSUD Besemah,” kata Direktur RSUD Besemah, dr Dian, melalui Kabid Penunjang Medik dan Sarana Prasarana, Sugihartono SKM.




Saat ini lanjut Sugihartono, status RSUD Besemah masih rumah sakit tipe D. Harapannya, hasil penilaiannya bisa meraih akreditasi paripurna. “Akan kita usulkan jadi tipe C, jika hasilnya akreditasi paripurna,” katanya.




Lebih jauh dikatakannya, pembenahan terus dilakukan. Tidak hanya tenaga kesehatan, juga sarana pendukung lainnya. Mulai dari instalasi gizi/dapur, instalasi kesling, hingga pengamanannya. Sebelumnya sempat ditangani personel Sat PolPP dan aparat kepolisian sejak Januari hingga Agustus lalu. “Saat ini sudah ada satuan pengamanan (Satpam) berjumlah sekitar 20 personel, bertugas dengan sistem shift, termasuk penambahan armada ambulans,” urainya.




Keluhan saat kunjungan keluarga pasien yakni masalah penerangan, lantaran area RSUD masih terlihat gelap dan air? Jawab Sugihartono, akan melakukan kroscek lagi ke lapangan. “Khususnya air. Memang rumah sakit tidak memiliki jalur khusus dari pihak PDAM. Sejauh ini mengalir atau tidak, air PAM ada jadwal setiap harinya (tidak 24 jam, red),” kata Sugihartono.




Sementara itu Agung, salah seorang pembesuk RSUD, mengaku kondisi rumah sakit, khususnya di area koridor jalan menuju sal inap terlihat gelap, karena minimnya penerangan dan sebagian lagi lampu tidak menyala. “Begitupun dengan air di WC. Tidak hanya di toilet umum RSUD, juga di sal inap dikeluhkan keluarga pembesuk, lantaran kerap habis. Kita harapkan kepada pihak rumah sakit, untuk air di RSUD diperhatikan, dan jangan sampai habis,” harapnya. (06/CE-V)

You can leave a response, or trackback from your own site.