Efek Domino Program KOTAKU, Warga Berangsur Percantik Rumah

Foto: Madhon/Pagaralam Pos
SEMAKIN TUMBUH: Kesadaran masyarakat Gang Reformasi dalam hal menata lingkungan yang bersih semakin tumbuh.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Efek domino ditimbulkan dari pelaksanaan dana bantuan program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), dalam penataan pemukiman kumuh, berada di wilayah Gang Reformasi RW 10 RT 20 Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan mulai terasa.




Bukan hanya menghilangkan kesan kumuh semata, dengan cara mengecat bagian jalan paving blok secara keseluruhan, secara tidak langsung dapat memancing pola pikir masyarakat, secara berangsur-angsur ikut serta membenahi lingkungan tempat tinggalnya.




Hal ini dapat dilihat antusiasme masyarakat sudah mulai timbul, yakni ikut terlibat dalam giat pembangunan sampai ke cara memperbaiki dan juga mengecat rumah sendiri, sehingga lebih klop dengan perjalanan program KOTAKU di kelurahan ini. “Soal jalan pavling blok di cat warna-warni, untuk menghilangi kesan kumuh. Inilah cara yang bisa kita lakukan,” ucap Ketua RW 10 Gang Proklamasi Wiliansyah, dibincangi ketika mengecat paving blok.




Diakui Wili, lewat aksi nyata itu, sekarang sudah banyak masyarakat, yang mempercantik rumahnya dengan menata ulang warna cat, sehingga tidak kalaj jauh ketinggalan dengan kondisi jalan.




“Kalau jalan sudah di cat begini, kesan kumuh itu hilang nian. Contohnya di gang bagian bawah, banyak dinding bangunan rumah yang sudah usang, mulai dibenahi masyarakat dengan mengecat, sehingga kita akui kesadaran warga menjaga lingkungan dapat tumbuh,” sebutnya.




Lebih jauh Wili berharap, bila jalan paving blok sudah selesai di cat secara keseluruhan, masyarakat dapat memasang lampu jalan, hingga tidak menimbulkan suasana angker maupun takut. Pada saat melintas di kawasan Jl Gang Reformasi.




“Kita berharap kepada warga, bila pengerjaan jalan paving blok telah rampung, agar dapat memasang lampu jalan di tiap rumah, sehingga ketika keluar masuk kampung tidak merasa takut lagi,” imbuhnya. (09)

You can leave a response, or trackback from your own site.