Warga Tebing Tinggi Panen Ikan Mabok, Diduga Akibat Air Belerang

Foto: adi/Pagaralam Pos
KETUBEAN: Fenomena Sungai Musi ketubean memang selalu dinanti warga. Pasalnya, ikan yang terkena dampak belerang, mudah ditangkap.

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Warga Tebing Tinggi, ibukota Kabupaten Empat Lawang, kemarin (10/11) berhamburan keluar rumah, bahkan turun ke Sungai Musi. Tak hanya orang dewasa dan laki-laki, perempuan bahkan anak kecil turun ke Sungai Musi, ada yang membawa parang, pisau, bahkan perlengkapan lain.




Usut punya usut, ternyata, Sungai Musi ketubean (ikan mati mendadak, red). Alhasil Sungai Musi yang biasanya sepi dan hanya dikunjungi sebagian orang mendadak ramai, bak pasar atau mal. Ketubean yang terjadi hampir setiap tahun, memang selalu dinantikan warga di sepanjang aliran Sungai Musi, mulai kawasan Ulu Musi sampai kawasan daerah Kabupaten Musirawas, bahkan Palembang sekalipun.




Gejolak alam inilah dimanfaatkan warga mengambil ikan ke sungai. Alhasil ikan yang sudah hampir mati dan kepeningan akibat air belerang itu mudah ditangkap. “Alhamdulillah, Sungai Musi ketubean, kami dapat ikan banyak,” kata Mardiah, warga Desa Terusan, Tebing tinggi, kemarin.




Mardiah mengaku, setiap Ketubean selalu besama-sama tetangga turun ke sungai Musi mencari ikan, namun selalu tidak kalah sama hasil yang didapat kaum pria. “Senang, setiap ketibean kami selalu bersama ibu ibu ke sungai, ikannya utama tapi bersama-sama ke sungainya itu yang bikin senang,” imbuhnya.




Lukman Panggarbesi, selaku Kepala Badan Lingkungan Hidup, mengaku sudah mengetahui adanya fenomena ketubean, bahkan pihaknya sudah menurunkan tim ke sungai Musi. “Ini fenomena biasa dan berkah bagi warga, karena ikan banyak didapat,” kata Lukman.




Bagaimana dengan kondisi sungai Musi? Kata Lukman, sejauh pengamatannya, sungai Musi masih aman dari pencemaran. Ketubean terjadi, kemungkinan akibat keaktifan Gunung Dempo, sehingga belerang tumpah dan membuat ikan banyak mati. “Tapi ini juga berkah bagi kita, bukan sebaliknya,” pungkas Lukman. (07/CE-V)

You can leave a response, or trackback from your own site.