KPU Periksa Ketat, Berkas Dukungan Balon Independen. Ini Batas Minimalnya

Foto: Madhon/Pagaralam Pos
TERIMA BERKAS: KPU Pagaralam menerima berkas dukungan Balon Wako dan Wawako, memilih maju lewat jalur independen.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam mulai menerima berkas dukungan, bagi Bakal Calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Pagaralam maju lewat jalur Independen. Sabtu (25/11) pagi, sekitar pukul 09.00 WIB KPU menerima dengan hangat, penyerahan berkas dukungan pasangan Novirzah Djazuli SE dan Suharindi SJ SPd, didampingi Ketua Tim Pemenangan ‘MANTAP’ H Djazuli Kuris, yang juga tecatat mantan Walikota (Wako) Pagaralam dua periode ini, beserta massa pendukungnya.




Sementara, pukul 12.00 WIB giliran pasangan independen Ludi Oliansyah ST dan Drs H Achmad Fachri MSi, beserta istri, kerabat, kolega dan ribuan massa pendukung ‘LA’ mengantarkan dukungan pencalonan, yang turut dikawal artis ibukota Cita-Citata dan Okan Cornelius.




Pantauan Pagaralam Pos mendapati, dalam penyerahan dukungan itu, satu per satu massa dan pasangan Balon diperiksa petugas, dengan menggunakan alat metal detektor, untuk memastikan agar penyerahan berkas dukungan berjalan aman dan lancar. “Kita terima berkas, kita hitung berkas, klop batas minimal syarat terpenuhi, maka akan kita terima, tapi kalau batas minimal belum terpenuhi, tentu tidak akan kita terima,” ungkap Ketua KPU Kota Pagaralam Yenli Elmanoferi SE MSi, kemarin.




Dikatakan Yenli, penyerahan dukungan yang diberikan Balon ke KPU, akan diperiksa secara ketat. “Cek itu langsung kita lakukan, berapa total keseluruhan dukungan, yang dilakukan secara menyeluruh, jadi berapa dukungan, berapa kecamatan kita hitung semua,” jelas Yenli.




Seperti contoh penyerahan dukungan pasangan Novirzah – Suharindi, terang Yenli, terdapat selisih 31 dukungan dari jumlah dukungan diserahkan 14.850 dukungan, setelah diperiksa timbullah 14.829 dukungan. “Jumlah dukungan diserahkan sudah cukup dari batas minimal 10.452 dukungan, tinggal lagi kita akan melakukan verifikasi administrasi, untuk mencocokkan antara nama, alamat sesuai tidak dengan KTP, mana yang ganda, setelah itu baru faktual dilakukan PPS,” urainya.




Sementara itu, Ketua Tim‎ Pemenangan Novirzah – H Suharindi, H Djazuli Kuris mengatakan, sesuai dengan Undang-Undang dan Peraturan KPU RI, pasangan ini mengumpulkan 4.850 pendukung. Dukungan ini tersebar di seluruh kecamatan. Untuk itu, dengan kerendahan hati berkas ini dapat diterima sesuai hak dan kewajiban KPU. “Kami berharap berkas ini diperiksa dan diterima. ‎Dengan kerendahan hati kiranya KPUD Kota Pagaralam bisa memeriksa dukungan yang sudah dikumpulkan ini,” tukasnya.




Terpisah, Balon Walikota Pagaralam Ludi Oliansyah ST mengungkapkan, dalam penyerahan berkas dukungan ini, pihaknya mendaftarkan sebanyak 13.771 dukungan, yang tersebar di 5 kecamatan dan 35 kelurahan se-Kota Pagaralam. “Dukungan ini kami serakan, atas dasar kami telah menerima amanah dari masyarakat, yang mendukung dan kami siap, untuk dapat dilakukan verifikasi faktual,” pungkasnya. (09)

You can leave a response, or trackback from your own site.