Ida, Gaya Hidup Mempengaruhi Minat Baca Anak

Foto: Madhon/Pagaralam Pos
AJAK MEMBACA: Dengan penuh kehangatan Walikota Pagaralam Ida Fitriati mengajak seluruh siswa mulai tingkat SD, SMP dan SMA, agar bisa terus gemar membaca.

PAGARALAM POS, Pagaralam – “Ibu yakin, semua yang sudah tamat Sekolah Dasar (SD), pasti bisa membaca, tetapi apakah gemar membaca atau tidak. Inilah yang kita tidak ketahui,” kutipan bijak ini disampaikan Walikota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati MKes, saat membuka kegiatan membaca bersama Walikota Pagaralam, dalam rangkaian peringatan HGN ke-32 dan HUT PGRI ke-72 di lapangan Alun-alun Merdeka, kemarin.




Melihat dari data Bank Dunia, kata Ida, bahwa untuk anak-anak SD Kelas VI di Indonesia, membaca hanya sekitar 51,7% di bawah Filipina dan Thailand, sedangkan Singapore paling tinggi di Asia dengan tingkat 74,0%. Sementara, untuk masyarakat Indonesia sendiri, sebut Ida, berada di negara Asia dengan nilai 0,001%.




“Artinya, dari 1.000 hanya 1 yang hobi membaca, padahal membaca adalah pintu dunia, siapa yang sering membaca, maka akan bertambah banyak pula pengetahuannya,” terang Ida.




Mengapa minat membaca kurang ? Ida menjelaskan, bahwa hal itu karena kurangnya ada kesadaran membaca itu sendiri, kemudian sudah menjadi gaya hidup, sejak kecil tidak hobi dan mau membaca.




“Begitu juga dengan perkembangan teknologi, yang sekarang tengah pesat, seringkali anak-anak membaca bacaan di internet, ketimbang membaca buku-buku. Yang di tulis internet itu, keabsahannya tidak 100%, banyak beritanya yang bohong atau hoaks, tetapi kalau membaca dari buku, penulis atau pengarangnya sudah bertanggungjawab dengan apa yang ditulisnya,” papar Ida.




Selain itu, ditambahkan Ida, yang menyebabkan kurangnya minat baca, mungkin juga ketersedian buku bacaan lain yang masih kurang. “Sekarang kita sudah ada Perpusatkaan Daerah (Perpusda), silakan seluruh umur untuk membaca di Perpustakaan, tak hanya itu sebagian juga ada yang sering menggunakan uang, buat jajan ketimbang membaca, sehingga membaca ini menjadi kurang diminati,” tegasnya.




Lebih jauh Ida menjelaskan, membaca juga merupakan perintah Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW untuk membaca, termasuk juga kondisi seluruh alam harus di baca. “Karena itu, sangat penting bagi kita semua,” tandasnya. (09)

You can leave a response, or trackback from your own site.