Angkat Budaya Besemah, Festival Pelang Kenidai Sajikan Kearifan Lokal

Foto: Pidi/Pagaralam Pos
HORMATI LELUHUR : Panitia Festival Pelang Kenidai bersama tokoh adat dan masyarakat berziarah ke makam Puyang Serunting, kemarin.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Beragam kebudayaan Besemah yang hidup di tengah masyarakat Pagaralam, akan diangkat ke permukaan. Upaya ini dikemas dalam Festival Dusun Pelang Kenidai, yang digagas anak-anak muda dari komunitas Besemah Heritage.




Festival yang digelar di Dusun Pelang Kenidai Kecamatan Dempo Tengah ini, akan dibuka pada hari ini (30/12) dan berakhir pada esok hari (31/12). Rangkaian Festival Pelang Kenidai sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak kemarin (29/12).




Ini ditandai dengan ziarah ke makam Puyang Serunting yang terletak sekira dua kilometer dari Dusun Pelang Kenidai. Dalam ziarah ini, panitia bersama tokoh adat dan tokoh masyarakat Dusun Pelang Kenidai melaksanakan do’a bersama.




“Ziarah ini merupakan rangkaian awal dari Festival Pelang Kenidai,” ucap anggota Besemah Heritage Hota Putra, saat ditemui Pagaralam Pos usai pelaksanaan ziarah. “Istilahnya kita pamit dulu dengan leluhur disini yakni Puyang Serunting Sakti,” kata Ilham Bijak Pulon, anggota Besemah Heritage lainnya menimpali.




Dijelaskan Hota, Festival Pelang Kenidai merupakan sebuah kegiatan yang salahsatu tujuannya untuk mengangkat kebudayaan Besemah ke permukaan. Diharapkan, setelah festival ini, kebudayaan yang hidup dalam masyarakat Besemah dapat dikenal luas. “Kebetulan potensi untuk itu (budaya) itu ada di Dusun Pelang Kenidai,” tutur Hota. (11)




Berita selengkapnya dapat anda baca di rubrik Seni Budaya Harian Umum Pagaralam Pos, Sabtu (30/12) mengangkat tema ‘Berziarah ke Makam Puyang Serunting Sakti, Beristrikan Bidadari, Bermakam di Padang Langgar,’.

You can leave a response, or trackback from your own site.