Calon Masih Bisa Diganti, Tapi Pendaftaran tak Diperpanjang

Foto: Edo/Pagaralam Pos.com
TAHAPAN PENCALONAN: Iring-iringan kendaraan antar Paslon Gunawan-Febri mendatangi Kantor KPU Kota Pagaralam.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Tiga bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Pagaralam sudah didaftarkan partai politik pengusungnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Meskipun demikian, bukan berarti nama Bapaslon tersebut tidak bisa lagi dirubah. Parpol masih bisa mengganti Paslon atau calon yang diusungnya. Sementara masa pendaftaran, dipastikan tidak akan diperpanjang lagi.




Ketua KPU Kota Pagaralam, Yenli Elmanoferi SE MSi mengatakan, Parpol bisa mengganti calon atau Paslon yang diusungnya. Ini jika kondisi calon atau pasangan tersebut tak dimungkinkan lagi mengikuti tahapan Pilkada.
“Kalau calon itu tak lolos tes kesehatan, Parpol bisa mengajukan pergantian nama,” ucap Yenli, ditemui Pagaralam Pos usai menyerahkan tanda terima pendaftaran kepada Bapaslon di Kantor KPU, kemarin (9/1).




Namun dia berharap, pergantian calon tersebut tidak terjadi di Pilkada Pagaralam. Dia percaya, tiap-tiap Bapaslon sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengikuti serangkaian tes menjadi peserta Pilkada. “Kita sudah sosialisasikan sejak lama perihal syarat pencalonan dan calon. Saya kira waktunya sudah cukup,” ujar Yenli.




Yenli memastikan, masa pendaftaran Bapaslon Wako dan Wawako Pagaralam tak akan diperpanjang. Pendaftaran Bapaslon akan berakhir sesuai jadwal, yakni pada Rabu (10/1) pukul 24.00 WIB. Setelah itu, KPU akan menutup masa pendaftaran Bapaslon.




“Pendaftaran bisa diperpanjang, apabila sampai dengan penutupan, hanya ada satu Bapaslon yang mendaftar. Kalau kita (Pagaralam) kan sampai sekarang (kemarin, red) sudah ada lima Bapaslon yang mendaftar,” terang Yenli. (edo/11)

You can leave a response, or trackback from your own site.