Sewa Kios Ditarget Rp1 M, Tim Gabungan Datangi 476 Pemilik Kios

Foto: Ist/Pagaralam Pos
INTENSIFIKASI: Tim Gabungan Disperindagkop, Polres Pagaralam, Sat Pol PP dan Satpam, beri sosialisasi dan pembinaan terhadap pedagang, agar dapat segera membawa sewa kios pasar.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Meningkatkan capaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor sewa kios pasar, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) UKM dan PP Kota Pagaralam bersama anggota Polres Pagaralam, Sat Pol PP dan Satpam Pasar, menggelar giat intensifikasi penagihan retribusi Pasar Dempo Permai (PDP) tahun 2018 tahap pertama.




“Kita telah mengadakan intensifikasi retribusi PDP. Sifatnya, sebatas pemberitahuan kepada pemiliki kios, agar melakukan pembayaran sewa kios. Baik itu sewa tahun berjalan dan tunggakan tahun sebelumnya,” terang Kepala Disperindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam, Saidi Amrullah SSos MM, melalui Kabid Perdagangan, Rano Fahlesi SE MSi.




Imbauan pertama diberikan kepada pemilik kios kata Rano, merupakan langkah persuasif, serta menjadi salahsatu teguran awal ke pemilik kios. Apabila sampai batas waktu yang diberikan, tidak ada itikad baik dari pedagang untuk melunasi sewa kios berjalan dan tunggakan, maka akan diambil tindakan tegas.




“Tapi semua tetap ada aturannya, sudah diberikan imbauan dan teguran, tetap tidak ada itikad baik, dalam upaya menunaikan tagihan sewa kios, terpaksa kita ambil tindakan tegas, berupa sanksi gembok hingga pengalihan pemilik kios, bagi pedagang yang ingin sewa kios. Batas akhir pembayaran sewa kios sampai dengan bulan Oktober 2018 nanti,” ungkapnya.




Mengenai biaya sewa kios sendiri sambung Rano, sangatlah bervariasi berdasarkan klasifikasi, semisal Blok A biaya sewa Rp4,4 juta, Blok B Rp3,6 juta, Blok C Rp1,5 juta dan Blok D Rp1,2 juta, dengan jumlah keseluruhan kios di Pasar Dempo Permai sebanyak 476 kios. Dan target PAD dari sewa kios pasar setiap tahunnya berjumlah Rp750 juta.




“Tahun 2018 ini, kita upayakan pencapaian target Rp1 M lebih dari jumlah target Rp755 juta. Berkaca di tahun 2017 lalu, pemasukan PAD dari sewa kios targetnya terlampaui, yakni mencapai angka Rp908 juta. Maka dari itu, inshaa allah target itu bisa terlampaui,” ujar Rano optimis. (09)

You can leave a response, or trackback from your own site.