Diduga Tertipu, 150 Jamaah Umroh Gagal Berangkat ke Tanah Suci

Foto: net
Ilustrasi

PAGARALAM POS, Pagaralam – Belum lekang dari ingatan kasus penipuan dilakukan agen perjalanan umroh First Travel. Kali ini kembali muncul kasus serupa. Sebanyak 150 Calon Jamaah Umroh (CJU) asal Kota Pagaralam melapor ke Kementrian Agama (Kemenag) Kota Pagaralam, diduga tertipu salahsatu agen perjalanan umroh Abu Tour. Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Pagaralam, H Win Hartan SAg MPdI.




“Setelah ada pemberitaan sekaligus dinyatakan kebangkuratan, ada sebanyak 150 Calon Jamaah Umroh asal Kota Pagaralam melapor ke kita, diduga telah ditipu penyelenggara agen perjalanan umroh Abu Tour. Laporan para korban ke kita kebanyakan mengeluhkan belum diberangkatkan ke tanah suci, padahal sudah membayar biaya umroh,” ucapnya.




Sebelumnya lanjut Win Hartan, Abu Tour memang telah melayangkan izin di Kantor Kementrian Agama Kota Pagaralam, namun pada kenyatannya ada dugaan penipuan. Pasalnya, paket biaya umroh yang ditawarkan jauh lebih murah dari standar biaya umroh pada umumnya sekitar Rp18 juta. “Kecurigaan ini sudah dari tahun lalu saya mengingatkan masyarakat, jangan sampai tergiur dengan biaya umroh murah,” katanya.




Lebih jauh diterangkan Win Hartan, biaya umroh Rp18 juta tidak mungkin. Dipastikan agen travel akan rugi, belum membiayai pesawat diestimasikan pulang pergi dikisaran Rp15 juta, belum lagi biaya makan, penginapan, sewa bus dan banyak rangkaian lainnya.




“Biaya umroh tidak ada subsidi. Beda lagi kalau biaya haji, pastinya disubsidi pemerintah, sedangkan untuk penyelesaian kasus penipuan ini, data para korban telah kami laporkan ke Kanwil kementrian Agama Provinsi Sumsel untuk ditindaklanjuti,” ucapnya. (08)

You can leave a response, or trackback from your own site.