Jaga Ekosistem, Febri Uculkah Ikan

Foto : Tomi/Pagaralampos.com
JAGA EKOSISTEM: Febri melepas 40 ribu ikan mas dan mujahir di Tebat Mayan, kemarin.


PAGARALAM POS, Pagaralam – Kelestarian ekosistem ikan di Tebat Mayan, mendapat perhatian serius dari Febrianto SH SSi. Kemarin (28/2), calon Wakil Walikota Pagaralam ini mendatangi tebat berlokasi di Dusun Tanjung Aro, Kelurahan Kuripan Babas, Kecamatan Pagaralam Utara. Di tebat ini, Febri nguculkah (melepas) sebanyak 40 ribu ekor ikan.




Pantauan Pagaralampos.com, Febri didampingi istrinya, Deni Jarap, keluarga, kerabat serta pemenangan di Tanjung Aro. Dengan menggunakan rakit bambu, Febri bersama warga bergerak menuju ke tengah tebat. Dari dalam kantong plastik ini, puluhan ekor ikan mujahir dan mas bergerak berenang ke dalam tebat. Total ikan yang dilepas ke dalam tebat ini 40 ribu ekor denga rincian, 20 ribu mas dan 20 ribu mujahir.




“Kegiatan ini bertujuan untuk untuk menjaga ekosistem ikan air tawar, khususnya yang ada di dalam Tebat Mayan. Tujuan lainnya, tuk menjaga ketersediaan ikan jelang puasa nanti. Jadi masyarakat yang ingin mencari lauk untuk berbuka puasa, bisa memancing di tebat ini,” kata mantan Direktur Operasional PD Pasar Jaya ini.




Pelestarian ikan di dalam Tebat Mayan juga memiliki tujuan lebih luas lagi, yakni untuk meminimalisasi masuknya ikan mengandung formalin ke Pagaralam. Febri berharap, di masa akan datang, Tebat Mayan dapat menjadi salahsatu sumber penghasil ikan tawar untuk pasar Pagaralam. Dengan demikian, ekonomi masyarakat di sekitar Tebat Mayan dapat ikut bergerak. “Kita maksimalkan potensi dalam daerah sendiri,” ujarnya.




Ia pun berharap bibit ini dapat membantu masyarakat. Selain itu, Febri meminta kepada masyarakat Tanjung Aro dan sekitarnya untuk tidak menjadikan Tebat ini sebagai tempat pembuangan sampah. Ia berjanji, Apabila nanti Gunawan dan Febri terpilih Tebat Mayan tersebut akan di jadikan objek wisata. “Kita akan upayakan untuk direvitalisasi (diperkuat),” tegasnya. (Tomi/pagaralampos.com)

You can leave a response, or trackback from your own site.