‘Surga Hijau’ dan Kebun Gergah Memiki Magnet

Foto-foto : dok/Pagaralam Pos
WISATA : wisatawan ketika memasuki gerbang masuk menuju kompleks Green Paradise.

*Wisatawan Luar pun Terpikat

PAGARALAM POS, Pagaralam – Wisata Pagaralam, kini bukan hanya berupa gunung dan air terjun. Saat ini, sudah ada tempat berwisata baru. Dua di antaranya di Kecamatan Dempo Utara. Dua tempat wisata itu adalah Green Paradise dan kebun jeruk gergah. Seperti magnet, dua tempat ini mampu menarik kedatangan banyak wisatawan, dari luar maupun dalam Pagaralam.




Kebun jeruk gergah di Dusun Gunung Agung, Kelurahan Agung Lawangan. Tidak terlalu sulit mencari lokasi kebun ini. Sebab, kebun jeruk yang popularitasnya menanjak sejak 2016 lalu itu tak jauh dari jalan penghubung Gunung Agung-Janang. Di kebun ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan yang alami. Pohon-pohon jeruk gergah berjejer rapi di atas lahan yang luas. Wisatawan pun bisa mencicipi buah jeruk gergah yang terkenal sangat manis itu.




Ketika musim libur panjang beberapa waktu lalu, kebun jeruk ini nyaris tak pernah sepi dari kedatangan wisatawan. Sidarhan, pemilik kebun jeruk gergah, menyatakan, kedatangan pengunjung mulai mengalami peningkatan pada 25 Desember hingga 1 Januari 2018. Ia menyebutkan, selama sepekan itu, jumlah pengunjung menembus di angka 1500 orang. Jumlah pengunjung sebanyak ini, diakuinya, tidak pernah diprediksi sebelumnya. “Halaman parkir kita penuh. Kendaraan bermotor terpaksa parkir di tepi jalan,” ucap Sidar, dihubungi Pagaralam Pos belum lama ini.




Para pengunjung lanjut Sidar, berasal dari dalam dan luar Pagaralam. Dari luar misalnya dari Lahat, Muara Enim, Prabumulih, Palembang bahkan Manna (Bengkulu Selatan). Menurut Sidar, para pengunjung dari luar ini datang karena penasaran. “Selama ini mereka hanya sekedar melihat foto-foto di media sosial (medsos). Jadi mereka datang sendiri untuk membuktikannya,” tutur Sidar.




Sidar mengakui, tingginya jumlah pengunjung itu berpengaruh dengan penjualan jeruk gergah. Dia menyebutkan, dalam sepekan, sebanyak 2 ton jeruk gergah dibeli konsumen. Dalam sehari urai Sidar, jumlah jeruk gergah yang dibeli bisa mencapai 300 kg dengan harga Rp 30 ribu per kg. “Keuntungan lumayan naik,” tambahnya.




Sidar mengaku bersyukur dengan banyak pengunjung yang datang ke kebun jeruknya. Dia menyatakan, kedatangan pengunjung tersebut membuktikan bahwa kebun jeruk gergah bisa dijadikan objek wisata alternatif. “Pagaralam tak hanya punya gunung dan air terjun semata. Tapi, juga punya kebun buah jeruk yang salahsatunya ada di Gunung Agung Tengah,”ucap Sidar bangga.




Dia pun berharap, agar pihak terkait dapat memberikan perhatian, terutama soal akses jalan masuk. Dia berharap, agar akses masuk ke dalam kebun jeruk gergah bisa dibangun lebih baik lagi. Ini agar pengunjung dapat semakin mudah untuk ke luar maupun masuk ke dalam kebun jeruk gergah.




Lokasi lain yang patut dijadikan tujuan ketika berwisata di Pagaralam adalah Green Paradise yang terletak di Dusun Sukarami Kelurahan Muara Siban. Nama ini bila diterjemahkan menjadi ‘Surga Hijau’. Ya sesuai namanya, Green Paradise memang merupakan tempat wisata alam yang ditata dengan rapih. Sama seperti kebun jeruk gergah, Green Paradise selalu ramai didatangi wisatawan.




Managemen Green Paradise pun tak pernah berhenti berkreasi. Mereka berusaha terus menabah fasilitas untuk para wisatawan. Pemilik Green Paradise, saat ini Green Paradise sudah memiliki fasilitas baru, berup ‘Telaga Hijau’. Telaga ini berada di samping Green Paradise. Dinamakan Telaga Hijau menurut Syam, lantaran air dari kolam tersebut berwarna hijau. Saat ini tambah dia, sudah banyak pengunjung yang datang guna melihat lebih dekat ‘Telaga Hijau tersebut’. “Pokoknya pengunjung akan kita manjakan,” tutur Syam, ketika dihubungi Pagaralam Pos beberapa waktu lalu.




Bagi penggemar berkuda dan panahan tak perlu khawatir. Syam memastikan, sampai sekarang wahana tersebut masih ada dan akan terus dipertahankan. Sebab, banyak pengunjung yang menyukai kedua wahana tersebut. Dia pun berharap, Green Paradise semakin dikenal luas masyarakat dalam dan luar Pagaralam. “Baru-baru ini ada pengunjung yang berasal dari Jepang. Ini artinya, Green Paradise sudah dikenal sampai mancanegara,” pungkas Syam. (11)

Pengunjung nampak memadati kebun jeruk gergah, beberapa waktu lalu

You can leave a response, or trackback from your own site.