Sidak, BBPOM Palembang Temukan Makanan Mengandung Borax dan Formalin

Foto: Heru/Pagaralam Pos
SIDAK MAKMIN: Tim BBPOM Palembang sidak Pasar Ramadhan Lahat, berada di pabrik es lama, Pasar Lematang Lahat, Selasa (29/5).

PAGARALAM POS, Lahat – Sedikitnya 39 semple makanan diambil dari sejumlah pedagang, di area Pasar Ramadhan Lahat, berada di sekitar Pasar Lematang Lahat. Lima saple diantaranya dinyatakan positif mengandung formalin dan borax.




Hal ini diketahui setelah tim Balai Besar Pengawas Obat Dan Makanan (BBPOM) Palembang, melakukan sidak, Selasa (29/5) sekitar pukul 14.30 WIB. Dari 39 sample makanan tersebut diantaranya, mie kuning, tahu mentah, tahu goreng, dodol, cincau, udang, serta sejumlah bahan makanan ringan yang berwarna cerah.




“Empat sample kita temukan pada mie kuning, yang dikemas dalam bentuk rujak mie. Dua sample positif Formalin dan Borax, dua sample lagi positif Formalin. Satu sample lagi yang positif formlin, ditemukan pada makanan jenis cincau,” Kepala BBPOM Palembang, Dra Dewi Prawitasari APt MKes.




Bukan hanya melakukan sidak, edukasi mengenai ciri-ciri hingga bahayanya bahan yang telah tercampur Formalin, Borax, dan Rhodamin B. Juga diberikan kepada pedagang dan masyarakat Lahat. (mg02)

You can leave a response, or trackback from your own site.