Tarik Motor Secara Paksa, Oknum Debt Collector Dipolisikan

Foto: Ist For Pagaralam Pos
LAPOR: Rozi didampingi Ketua YLKI Lahat melapor ke SPKT Polres Lahat, Selasa (29/5).

PAGARALAM POS, Lahat – Tidak terima sepeda motor miliknya ditarik paksa debt collector. Rozi Andika (21), didampingi Ketua YLKI Lahat, Sanderson Syafe’i ST SH, Selasa (29/5) sekitar pukul 21.00 WIB. Melaporkan salahsatu perusahaan Multi Finance di Kota Lahat ke SPKT Polres Lahat. Dengan Perkara Pasal 368 KUHP, terkait perampasan.




Tindak perampasan yang diterima oleh warga Talang Kapuk, Kelurahan Pasar Lama, Kota Lahat ini, terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Ketika sepeda motor Yamaha Mio, Nopol BG 2369 EAB terparkir tak jauh dari kediamannya.




Rupanya kedatangan Rozi sudah ditunggu tiga pria yang mengaku debt collector, tempat Rozi melakukan kredit. “Ya betul, Rozi melapor ke kita, sesuai Nomor STTPL/099/V/2018/SPKT/POLRES LAHAT,” ujar Kapolres Lahat, AKBP Roby Karya Adi SIK, melalui Kasubag Humas, Ipda Sabar T, Rabu (30/5).




Rozi yang merasa memang belum melakukan pembayaran, sempat meminta tempo untuk melakukan pembayaran pada akhir bulan. Mengingat saat kejadian, bertepatan dengan hari libur Nasional.




Sayangnya permintaan Rozi tidak dikabulkan, sepeda motor miliknya pun dimbil paksa oleh debt collector yang belum diketahui namanya itu. “Baru telat satu bulan, sudah jalan delapan bulan. Belum ada peringatan SP1 atau SP2, karena kemarin Selasa (29/5) hari libur, rencananya mau bayar hari ini,” ucap Rozi.




Menanggapi hal itu, Ketua YLKI Lahat, Sanderson Syafe’i menegaskan, tindakan ini sudah bisa dikategorikan Perbuatan Melawan Hukum (PMH). Terkait tunggakan, pihak leasing harus memberikan surat peringatan terlebih dahulu hingga 3x. Kemudian mengajukan sengketa ke pengadilan. Setelah dapat putusan, pengadilan bersama kepolisian baru bisa melakukan penyitaan. “Yang berhak melakukan penyitaan, adalah pihak pengadilan. Kalau ada penarikan di bawah tangan, sama halnya dengan merampas. Apalagi sudah melakukan tindak intimidasi seperti ini,” tegasnya. (mg02)

You can leave a response, or trackback from your own site.