Tim Laboratorium DLH Sumsel Ambil Sampel Udara Pagaralam

Foto: Edi/Pagaralam Pos
AMBIL SAMPLE: Petugas dari Lab Lingkungan BPLH Provinsi, saat mengambil sample udara emisi Incenerator RSUD Besemah Kota Pagaralam.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Kualitas udara di Kota Pagaralam kembali dilakukan pengujian. Jum’at (3/8), tim Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), didampingi personel dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pagaralam, mengambil sample udara Emisi (udara tidak bergerak) dan Ambient (Udara yang ada di sekitar).




Sebanyak 3 personel yang diterjunkan dari Laboratorium DLH Provinsi Sumsel, untuk mengambil sample udara di Kota Pagaralam, baik itu udara Emisi maupun Ambient. “Kita petugas lapangan, mengambil sample terlebih dahulu dibeberapa titik, dengan menggunakan alat yang sudah disiapkan, yaitu Ecom untuk mengambil sample udara emisi, dan Invinger alat pengambilan sample udara Ambient,” ungkap Iwan Gunawan, salahsatu tim dari Laboratorium DLH Provinsi Sumsel.




Nah lanjut Iwan, sample yang sudah diambil dari lapangan inilah, nantinya akan di bawa ke laboratorium, untuk diserahkan kepada tim analis, untuk di cek kualitas udaranya, supaya bisa diketahui hasilnya. “Diperkirakan sekitar 7 hari (satu minggu,red) setelah di analis, hasilnya sudah bisa diketahui,” jelasnya.




Sementara, Plt Dinas Lingkungan Hidup Kota Pagaralam Joni SE MM, melalui Kabid Pengendalian dan Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Gusroni SH MH, didampingi Kasi Pencemaran Lingkungan H Ilman Masyuri mengatakan, lokasi pengambilan sample udara tersebut, pertama pada crobong chinmey pabrik teh PTPN 7, untuk mengambil sample udara emisi, dan udara ambient di sekitar komplek perkantoran PTPN 7, Kelurahan Gunung Dempo, Kecamatan Pagaralam Selatan.




“lokasi lain ialah Incenerator RSUD Besemah Kota Pagaralam, pengambilan sample udara emisi, dan udara ambientnya dilakukan di lokasi taman yang ada di Simpang Manna Kota Pagaralam. Mengenai kualitas udara di Kota Pagaralam sudah tercemar atau belum, kita masih menunggu hasil uji laboratorium,” bebernya. (10)

You can leave a response, or trackback from your own site.