Agar Bisa Berdaya Saing, 4 Produk UMKM Ini Disertifikasi Halal

PAGARALAM POS, Pagaralam – Melalui program dari Kementrian Koperasi dan UKM, sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Pagaralam mendapat bantuan sertifikasi halal.




“Sertifikasi halal sangat penting melekat di kemasan produk agar bisa berdaya saing,” ujar Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pagaralam, Saidi Amrullah, Selasa (7/8).




Sementara ditambahkan, Kabid Koperasi, Haidir Ramli didampingi Kasi Fasilitasi Pembiayaan, Yeni Asmara SE, agar produk barang bisa mendapat sertifikasi halal ini tentunya melalui proses.




“Sebelumnya ada beberapa UKM yang kita usulkan ke MUI. Alhamdulillah ada empat merk yang sudah menerima sertifikasi halal ini. Dan mereka mengikuti pelatihan,” ujar Yeni seraya mengatakan, usulan sertifikasi halal ini terlebih dahulu produknya dicroscek langsung halal atau tidak.




Penyerahan bantuan sertifikasi halal dari Kementrian Koperasi dan UKM kepada empat pelaku usaha UMKM Mbak Iis, Kopi Ayin, Kawah Dempo dan Putra Abadi. Sementara, bagi pelaku usaha yang merk produk belum melekat label halal bisa mengusulkan ke MUI Palembang.




“Untuk tahun ini kami mengajukan peresmian merek atau brand UMKM 20. Disamping itu kita juga mengajukan Indikasi Georafis kopi Robusta Pagaralam. Sebab berdasarkan Badan Ekonomi Kreatif Pusat (Bekrap), bahwa kualitas kopi manjadi lebih baik tergantung dengan ketinggian karena geografis dimasing-masing daerah itu beda dan juga menentukan aroma kopi,” beber nya. (06)

You can leave a response, or trackback from your own site.