KPU Pagaralam tak Permasalahkan Caleg Kampanye Malam

Foto: net
Ilustrasi

PAGARALAM POS, Pagaralam – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam, tak membatasi kegiatan kampanye dialogis hanya siang hari saja. Karenanya, Calon Anggota Legislatif (Bacaelg) yang melaksanakan kampanye di malam hari.




Komisioner KPU Kota Pagaralam Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Irfan Amd mengatakan, dalam draft PKPU tentang kampanye, tidak diatur tentang batasan waktu untuk kampanye dialogis. Karenanya, kampanye dialogis di malam hari boleh dilakukan. “Mau kampanye dialogis sampai pukul berapa, itu tidak diatur,” ucap Irfan, ketika ditemui Pagaralam Pos di kantor KPU, Rabu (8/8).




Namun, Irfan mengingatkan, sebelum melaksanakan kampanye dialogis, Caleg wajib membuat surat pemberitahuan kepada Kepolisian. Ini dilakukan karena katanya, kampanye dialogis biasanya mengumpulkan orang dalam jumlah yang cukup banyak.




Irfan menambahkan, kampanye yang diatur secara jelas waktunya adalah yang berbentuk rapat umum. Katanya, berdasarkan draft PKPU tentang kampanye, rapat umum dibatasi dari pukul 07.00 WIB-18.00 WIB. “Kalau rapat umum ini biasanya bukan Caleg yang melaksanakan, tapi partai politik,” tuturnya.




Irfan berencana, jika nanti PKPU tentang Pencalonan sudah keluar, pihaknya akan mengundang seluruh Partai Politik (Parpol) untuk mengikuti rapat. Dalam rapat ini, KPU akan mensosialisasikan aturan tentang kampanye di Pemilu 2019.




Kapan kampanye boleh dilaksanakan? Irfan menyatakan, kampanye baru boleh dilakukan setelah penetapan Daftar Calon Tetap (DCT). Ini artinya, katanya, kampanye baru bisa dilakukan pada 23 September mendatang. “22 September penetapan DCT. Nah baru setelah itu boleh kampanye sampai dengan tiga hari sebelum pencoblosan,” tuturnya. (11)

You can leave a response, or trackback from your own site.