Timbulkan Rasa Bangga, Budaya Pasemah Begitu Unik

PAGARALAM POS, Pagaralam – Tim Balai Arkeologi (Balar) Sumatera Selatan Rr Triwurjani menilai, bahwa keberadaan Budaya Pasemah begitulah unik, hal ini disampaikan beliau ketika mengisi materi di sosialiasi hasil-hasil penelitian megalithik berada di Kota Pagaralam, belum lama ini.




“Budaya Pasemah itu unik. Keunikannya, dapat tergambar pada segi bangunan dari batu besar bersifat monumental, mempunyai karakter kuat sebagai ciri khas dan berkualitas, adalah cerminan dari budaya yang sudah maju menguasai teknologi pada masanya,” ujar Triwurjani.




Tidak hanya itu, keunikan budaya pesemah lainnya, sebut Tri, membangun bangunan besar dengan memanfaatkan batu-batu besar, tentu saja memerlukan tenaga yang besar dan banyak tenaga. Gotong-royong dengan pemimpin yang dihormati, adalah hal dibalik aktivitas ini.




“Teknologi pahat yang sangat dikuasi, dengan cita rasa seni yang tinggi, sehingga tercipta bentuk-bentuk arca yang mengikuti material batunya, sehingga mampu menciptakan gerak yang dinamis,” tuturnya.




Bentuk pahatan arca itu, sambung Tri, dapat terlihat dari bentuk-bentuk hewan besar, yang digambarkan dekat dengan manusia, merupakan cerminaan penguasaan terhadap alam sekitar yang selaras, sekaligus lambang kebesaran.




“Seni untuk persembahan nenek moyang (pemujaan leluhur), manjai seni yang agung, apapun akan dipersembahkan sebaik mungkin. Jadi kita nilai disini, bahwa budaya Pasemah adalah budaya selaras alam menghargai leluhurnya, dengan penguasaan teknologi pahat yang tinggi,” ucapnya.




Karena itu, Tri menambahkan, dengan mengenal budaya Pasemah, dapat menimbulkan rasa bangga, bahwa para pendahulu mempunyai budaya yang luhur dan tinggi, memupuk rasa jati diri bangsa, dengan melestarikan dan memanfaatkan secara bersama untuk keperluan pendidikan, sejarah, kebudayaan, pariwisata dan ekonomi. “Kesinambungan ini harus perlu, kita bangun terus menerus sepanjang masa,” harapnya. (09)

You can leave a response, or trackback from your own site.