Siring Alami Pendangkalan, Beginilah Kondisi Jalan Dikawasan Ini

Foto: Madhon/Pagaralam Pos
DIPENUHI SAMPAH: Seorang pengendara sepeda motor mencoba melintas permukaan jalan di Simpang Tebat Baru, yang dipenuhi sampah pascahujan turun deras.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Pascahujan turun mengguyur wilayah Kota Pagaralam, dengan intensitas cukup tinggi, menjadikan sejumlah ruas jalan perkotaan di penuhi akan genangan air hingga sampah, Minggu (12/8).




Salahsatunya, seperti terdapat di kawasan pasar, tepat berada di Simpang Tiga Tebat Giri, Kelurahan Tebat Giri Indah, Kecamatan Pagaralam Selatan, genangan air dengan membawa aneka sampah plastik, menghiasi kawasan persimpangan jalan, yang tak jauh dari ruang hijau Taman Kenantan Buih.




Bau busuk sampah begitu menebar, terendus hingga ke lubang hidung, belum lagi turut diperparah dengan lumpur hitam, berasal dari saluran siring di sisi kiri dan kanan jalan, begitu menambah kesulitan bagi pengendara melintas, karena takut jatuh terpeleset. Tak sedikit pula dari pedagang sekitar, menguras air dan membersihkan sampah, karena masuk ke dalam lapak dagang.




Camat Pagaralam Selatan M Helmi SE MM dikonfirmasi menyatakan, dirinya membenarkan jika dilokasi jalan tersebut, setiapkali hujan turun deras, sampah plastik dari dalam siring, yang terbawa luapan air, acapkali memenuhi badan jalan serta menimbulkan bau tak sedap.




“Kawasan ini kan masuk wilayah pasar, jadi banyak sampah-sampah masuk ke siring, ada juga yang memang dengan sengaja, membuang sampah itu ke dalam siring. Makanya, kita pun senantiasa mengimbau masyarakat, untuk tidak membuang sampah di dalam siring, yang tentu dapat mengakibatkan terjadinya sumbatan gorong-gorong dan banjir,” imbuhnya.




Helmi menyebut, jika imbauan disampaikan tidaklah berlebihan, mengingat hingga kini kondisi cuaca tidak bisa diprediksi. “Kita juga mengusulkan kepada pihak terkait, agar dapat melakukan pengerukan saluran siring di kawasan ini, sebab bila kita lihat kondisinya sudah mulai mengalami pendangkalan,” pintanya. (09)

You can leave a response, or trackback from your own site.