Tradisi Perlombaan Memeriahkan HUT RI

Foto-foto: dok/Pagaralam Pos
MERIAH: Aneka perlombaan digelar dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan RI.

Dari Panjat Pinang Hingga Baris Berbaris

PAGARALAM POS, Pagaralam– Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia selalu dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan berbentuk perlombaan. Ini sudah menjadi semacam tradisi yang tak mungkin dipisahkan lagi.




Kegiatan-kegiatan tersebut digelar sebelum, saat hingga sesudah 17 Agustus. Meriah karena diikuti banyak peserta dan ditonton banyak orang pula. Pagaralam Pos merangkum beberapa kegiatan yang selalu hadir di tengah masyarakat dalam rangka HUT RI:

Lomba Panjat Pinang

Sesuai namanya, lomba ini mengharuskan tiap pesertanya memanjang batang pinang. Di bagian puncak pinang bergelantungan aneka hadiah. Siapa yang berhasil mencapai puncak, berhak mendapatkan hadiahnya.




Namun memanjang pinang ini bukan pekerjaan gampang. Sebabnya, batang pinang sudah dilumuri dengan pelumas hingga membuatnya sangat licin. Acap para peserta tergelincir padahal baru sampai di pertengahan. Inilah sebabnya panjat pinang menarik untuk ditonton.

Makan Kerupuk

Lomba ini juga sering digelar dalam rangka HUT RI. Seperti namanya, lomba ini mewajibkan para pesertanya memakan kerupuk yang tergantung di atas tali dengan durasi waktu tertentu. Peserta yang memakan kerupuk dengan waktu tercepat, jadi pemenang.




Selain anak-anak, peserta makan kerupuk acap berasal dari kalangan dewasa. Lomba ini juga menarik untuk ditonton.

Tarik Tambang

Ini juga lomba yang menarik untuk ditonton. Bentuk lombanya adalah tarik menarik tali tambang di antara dua sisi. Pemenang ditentukan siapa yang berhasil menarik lawan ke arahnya.

Baris Berbaris

Lomba ini biasanya diikuti peserta dari kalangan pelajar SD, SMP, SMA dan instansi pemerintahan. Dengan memakai seragam, mereka berbaris rapih di tengah jalan sesuai dengan rute yang telah ditentukan. Acap mereka mengeluarkan yel-yel. Karena baris berbaris ini dilombakan, kelak panitia akan mengumumkan para juara.

Karnaval

Di Pagaralam, HUT RI juga dimeriahkan dengan karnaval pawai pembangunan. Kegiatan ini diikuti instansi pemerintahan, sekolah dan lainnya. Para peserta pawai biasanya mengenakan kostum serta membawa berbagai atribut yang menarik.

Merah Putih di Depan Rumah

BEBERAPA hari belakangan rumah-rumah penduduk di Pagaralam nampak berbeda. Di depan rumah terdapat bendera merah putih yang diikat di sebuah tiang. Ketika ditiup angin, bendera merah putih ini berkibar-kibar.




Pantauan di lapangan, sebagian besar penduduk memasang bendera di depan rumahnya. Ini terlihat mulai dari kawasan Dempo Tengah, Dempo Selatan, Dempo Utara, Pagaralam Selatan sampai dengan Pagaralam Utara. Dari kawasan pemukiman pusat kota sampai pinggiran meriah dengan adanya bendera merah putih.




Pemasangan bendera merah putih itu juga dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-73.Kantor-kantor pemerintahan juga bersolek sedemikian rupa. Kantor-kantor ini dipasangi atribut berwarna merah dan putih.

Galang Dana Dari Jalan

MENGGELAR kegiatan untuk memeriahkan HU TIR tentu dibutuhkan dana. Sebagian masyarakat Pagaralam mencari dana dengan cara turun ke jalan. Mereka meminta bantuan dari para pemilik kendaraan bermotor yang lewat.




Pantauan di lapangan, aktivitas penggalangan dana ini terlihat di berbagai kawasan. Di antaranya di kawasan Rantau Unji Kelurahan Karang Dalo Kecamatan Dempo Tengah. Kemudian di Dusun Tegur Wangi Kelurahan Pagar Wangi Kecamatan Dempo Utara. Selanjut di Dusun Pagar Agung Kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Pagaralam Selatan. Ada juga di kawasan simpang empat Dusun Pagar Banyu Kecamatan Pagaralam Utara.




Aktivitas penggalangan dana tersebut bahkan dimulai sejak jauh-jauh hari sebelum HUT RI. Yang dilibatkan biasanya adalah anak-anak muda. Ketika sudah tiba waktunya, aktivitas penggalangan dana ini dihentikan. Dana yang terkumpul digunakan untuk menggelar aneka kegiatan. (11)

You can leave a response, or trackback from your own site.