Bappebti: Produksi Kopi Pagaralam Capai 77.000 Ton/Tahun

Foto: Madhon/Pagaralam Pos
PEMBEKALAN: Ratusan peserta Bimtek SRG begitu antusias mengikuti pembekalan, terkait cara penggunaan dan pemanfaatan SRG.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Pemanfaatan sistem resi gudang (SRG), sangat dibutuhkan dalam menggugah kesadaran petani. Terlebih lagi, jumlah petani di Pagaralam cukup banyak. “Sosialisasi SRG, agar petani bisa tahu apa itu manfaat SRG. Apalagi sekarang ini, harga komoditi sedang rendah, begitu juga harga kopi di Pagaralam. Makanya, kita tidak ingin ketinggalan momen,” ujar Kasubag Pengawasan SRG Bappebti, Tomy dalam Bimbingan Teknis SRG, diprakarsai Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) berkerjasama dengan Disperindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam, Selasa (28/8).




Disebutkannya, keberadaan SRG yang aktif, di daerah Cianjur, Aceh Tengah untuk Kopi. Kalimantan Selatan, Pulau Jawa ada di Wonogiri SRGnya cukup bagus dan berhasil, sedangkan untuk wilayah Sumatera Selatan, ada di wilayah Musi Banyu Asin.




“Yang sudah bergulir sampai dengan pembiayaan, baru di Pagaralam. Disayangkan, bila gedung SRG tidak difungsikan secara baik, apalagi potensi daya tampung SRG ini, hingga 2.000 ton. Padahal produksi kopi di Pagaralam, bisa mencapai 77.000 ton per tahun,” terangnya.




Dengan asumsi semacam itu tambah Tomy, seharusnya daya tampung gudang SRG ini sangat kurang, akan tetapi kenapa gudang SRG kosong, mungkin masalah pemahaman yang masih kurang. “Bagaimana terobosan-trobosan si pengelola gudang yang bisa dilakukan buat menarik minat, sebab SRG ini bukan hanya tempat penyimpanan, tapi untuk pemberian nilai tambah,” katanya.




Lebih jauh Tomy mengungkapkan, selain Pemerintah Kota, kunci untuk bisa menghidupkan gedung SRG, ada di pengelola Gudang. “Kita berharap masyarakat selaku petani, bisa segera memanfaatkan SRG, karena momennya juga pas, serta dapat memberikan nilai tambah. Pemanfaatan gudang, harus optimal dan berfungsi,” pungkasnya. (09)

You can leave a response, or trackback from your own site.