Pendidikan Politik, Fauzan-Galang Menangkan Pilpres Pelajar Pagaralam

PAGARALAM POS, Pagaralam – Pasangan Calon (Paslon) Pagaralam Fauzan-Galang meraup suara terbanyak dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Pelajar Pagaralam, Kamis (13/9). Paslon nomor urut B ini kemudian ditetapkan sebagai pemenang.




Pemungutan suara dimulai sekira pukul 10.00 WIB di ruang rapat kantor KPU Kota Pagaralam. Para siswa/I dari berbagai SMA/sederajat di Pagaralam menyalurkan hak pilihnya secara langsung. Mereka mencoblos surat suara lalu memasukkannya ke dalam kotak.




Setelah itu panitia merekapitulasi perhitungan suara. Berdasarkan hasil rekap Paslon Fauzan-Galang meraih 3 suara. Adapun Paslon nomor urut B Delten-Wulan meraih 2 suara. “Dengan ini menetapkan Fauzan-Galang sebagai pemenang,”ujar salahseorang panitia.




Pilpres Pelajar Kota Pagaralam itu merupakan simulasi sekaligus bagian dari kursus kepemiluan yang digelar KPU Kota Pagaralam. Inilah sebabnya, selain menjadi pemilih, sebagian siswa juga menjadi panitia semacam KPPS, petugas pengawas dan keamanan.




“Kami ingin para siswa mengetahui seluk beluk Pemilu sekaligus praktiknya,”ucap Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Irfan Amd, ditemui Pagaralam Pos setelah kursus.




Selain itu Irfan menambahkan, para siswa diharapkan dapat menjadi semacam penyambung lidah KPU di masyarakat dalam mensosialisasikan Pemilu. “Kami juga berharap supaya partisipasi pemilih pemula menjadi meningkat,” sebutnya. (11)

You can leave a response, or trackback from your own site.