Masih Banyak ‘Bank 46′, Alfad Alokasikan Dana Rp1 M 1 Kelurahan untuk Modal Kerja

Foto: Madhon/Pagaralam
SAMPAIKAN VISI MISI: Walikota Pagaralam Alpian Maskoni SH, mengawali penyampaian visi misi Walikota dan Wakil Walikota Pagaralam periode 2018 – 2023.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Program anyar Walikota Pagaralam Alpian Maskoni SH – Wakil Walikota Pagaralam M Fadli SE, tertuang dalam visi misi terwujudnya Pagaralam maju, dengan konsep kesejahteraan masyarakat dan keindahan ekonomi, serta keadilan dalam memperoleh pendidikan, mendapatkan sambutan baik masyarakat Pagaralam.




“Salahsatu program pertama dalam paparan visi misi, penyaluran dana Rp1 M untuk 1 Kelurahan, pengalokasian yang dititikberatkan pada masyarakat langsung, bukan melekat pada anggaran kelurahan,” terang Alpian.




Dana itu, sebut Alpian, akan dikelola secara langsung oleh masyarakat, yang nantinya akan dibentuk kelompok kerja, berasal dari masyarakat kelurahan. “Dana Rp1 M itu, bukan untuk infrastruktur, tapi dana ini disediakan untuk modal kerja,” ungkapnya.




Peruntukkan dana modal kerja tersebut, sambung Alpian, semisal bagi petani yang ingin menanam sayur, berdagang dan membuat industri-industri kecil. “Ini bentunya seperti dana bergulir, bagi masyarakat kelurahan itu sendiri, jadi tidak bisa antar kelurahan,” sebutnya.




Kenapa program alokasi ini muncul ? terang Alpian, karena melihat di daerah Kota Pagaralam ini, masih banyak muncul ‘bank’ 46 atau istilahnya pinjam 4 balik 6, jadi bila ada petani yang ingin tanam sayuran, kerap disulitkan untuk mencari modal usaha.




“Inilah makanya alokasi program Rp1 M untuk 1 kelurahan, untuk mengatasi problem-problem yang dihadapi masyarakat. Program itu dan program paling utama, bagi Alfad jadi target 5 tahun harus terlaksana,” pungkasnya. (09)

You can leave a response, or trackback from your own site.