Empat Tahun Kantor Camat Tanpa Listrik

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Difungsikan sejak 2014 lalu, hingga saat ini ternyata bangunan Kantor Camat Pendopo Barat Kabupaten Empat Lawang, yang terletak di kawasan Padang Surau Kecamatan Pendopo Barat, tidak memilki jaringan listrik.




Tentu saja pelayanan ke masyarakat di Kantor Kecamatan yang terbentuk pada tahun 2013 lalu, tidak dapat maksimal, bahkan cenderung menyulitkan, baik bagi masyarakat maupun para pegawai di Kantor pemerintah tersebut. “Miris memang, selain tidak ada listrik, jalan menuju ke kantor itu sangat jelek. Susah rasanya berkendara menuju ke sana,” ungkap Berti, salah seorang warga Kecamatan Pendopo.




Dikatakannya, selaku warga, dirinya agak kesulitan untuk berurusan di Kantor Camat tersebut. Jika ada surat yang harus di ketik dan print, terpaksa harus ke Pasar Pendopo, meminta bantuan rental komputer. “Kadang-kadang, harus bolak-balik dari Padang Surau ke Pendopo, hanya untuk satu surat saja,” akunya.




Sementara itu, Camat Pendopo Barat Kabupaten Empat Lawang, Kanzudin mengakui adanya kendala listrik di kantornya. “Sejak kantor itu digunakan 2014 lalu, Kantor kita memang belum ada listrik,” ujar Kanzudin saat dikonfirmasi.




Dikatakannya, permasalahan belum teralirinya listrik di kantornya, karena di kawasan Padang Surau yang merupakan lokasi kantor Camat Pendopo Barat, tidak ada trafo listrik tegangan rendah (TR). “Kalau jaringan listriknya yang melalui Padang Surau, itu memang ada, bahkan kabel ke kantor kita juga sudah ada. Namun, tidak adanya trafo TR ini yang jadi masalah,” jelasnya.




Pihaknya sendiri lanjut dia, sudah berulangkali menyampaikan usulan pemasangan trafo TR di dekat kantor camat, bahkan setiap kali ada kunjungan anggota DPRD Empat Lawang ke Kecamatan Pendopo Barat, selalu disampaikan. “Namun hingga 4 tahun belum juga terealisasi pemasanga trafo TR di dekat kantor kita,” bebernya.




Kanzudin berharap, pemasangan trafo TR segera terealisasi di dekat kantornya. Sebab, salah satu penyebab tidak maunya warga membuat rumah di sekitar kantor camat, tidak adanya aliran listrik untuk rumah tangga di kawasan itu.




“Saya yakin, jika sudah ada trafo TR di sekitar Kantor Camat kita, masyarakat pasti mau membuat pemukiman di sekitar Kantor kita. Yang jelas, jika sudah ramai, tidak ada lagi kesan seram di Padang Surau,” tukasnya. (07)

You can leave a response, or trackback from your own site.