Zona Steril ‘Ternoda’, Kak Pian Bakal Panggil Pimpinan Parpol

PAGARALAM POS, Pagaralam – Pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 masih asal-asalan. Sejumlah kawasan yang semestinya steril justru ‘dinodai’. Walikota Pagaralam Alpian SH pun berencana memanggil seluruh pimpinan Partai Politik.




Padahal mengutip Peraturan Walikota Pagaralam Nomor 7 Tahun 2017, jalan-jalan protokol, taman kota masuk zona yang mesti steril dari APK Pemilu. Perwako ini juga melarang pemasangan APK di pohon-pohon serta tiang listrik demi menjaga estetika keindahan kota.




Menanggapi kondisi itu, Ketua Bawaslu Kota Pagaralam Edy Budi Ahmadi SE menyesalkan adanya pemasangan APK di zona yang mestinya steril. Edy berjanji, pihaknya akan menindak APK yang melanggar ketentuan Perwako Pagaralam. “Langkah pertama, kami akan surati dulu pemilik APK itu. Kalau juga tidak ditertibkan, terpaksa kami tertibkan,”ucap Edy.




Sementara itu, Walikota Pagaralam Alpian SH menyatakan, jalan-jalan protokol, taman-taman Kota serta tiang listrik serta pepohonan harus bebas dari APK. Diakuinya, pemasangan APK di zona-zona ini bisa menganggu keindahan kota.




Karena itu Alpian mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera memanggil seluruh pimpinan Parpol di Pagaralam. Tujuannya untuk memberikan penjelasan kembali mengenai zona steril di Pagaralam.




Bagaimana dengan opsi revisi Perwako dengan cara menambah sanksi yang lebih tegas? Alpian mengatakan, tidak perlu dilakukan. Menurut dia, Perwako Nomor 7 Tahun 2017 sudah cukup untuk mengatur tentang zona steril dari aktivitas politik di Pagaralam. “Karena undang-undang tidak mengatur sanksi lain selain penertiban,”ucap Alpian ketika dihubungi Pagaralam Pos kemarin. (11)

You can leave a response, or trackback from your own site.