Izin Operasional Habis, Karyawan Pabrik ARPA Dirumahkan

PAGARALAM POS, Pagaralam – Pemerintah Kota Pagaralam menutup pabrik air minum dalam kemasan merek ARPA, Kamis (11/10). Ini dilakukan karena izin pabrik yang berada di Dusun Sukarami, Kecamatan Dempo Utara ini diklaim sudah berakhir.




“Karena izin mereka (pabrik ARPA) seperti izin higienis, kesehatan maupun operasionalnya sudah berakhir. Sebelum izin-izin ini diperpanjang lagi, ditutup dulu,” tegas Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Pagaralam, Saidi Amrullah SSos MM, ditemui usai penyegelan.




Sejak kapan izin seperti POM dan SNI ARPA berakhir? Saidi mengaku tidak terlalu hafal tanggal persisnya. Menurut dia, penutupan pabrik ARPA sesuai dengan arahan dari Walikota Pagaralam, Alpian SH. Bila tidak ditutup, dikhawatirkan ada usaha-usaha untuk meneruskan operasional pabrik dengan melakukan produksi, padahal izinnya-misalnya saja izin POM- telah habis. Bila ini terjadi, Saidi menyebutkan, akan timbul persoalan kesehatan. “Kalau diteruskan, bisa bahaya,” terangnya.




Saidi belum bisa memastikan penutupan, akan berlangsung sampai kapan. Dia menyebutkan, tergantung dengan evaluasi dari tim. Peralatan pabrik, seperti mesin masih ada. Sumber Daya Manusia (SDM), nanti dikatakannya untuk sementara waktu dirumahkan dahulu. “Pada saatnya nanti SDM pabrik ini akan kami panggil lagi,” tambahnya. (11)

You can leave a response, or trackback from your own site.