Bagikan Sembako, Awas ! Caleg Bakal Kena Dipidana

Foto: dok/Pagaralam Pos
SEMBAKO: Masyarakat antre tunggu gilian pengambilan paket sembako, dalam gelaran Pasar Murah diadakan Disperindagkop Kota Pagaralam.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pagaralam melarang Calon Anggota Legislatif (Caleg) membagikan Sembako saat berkampanye. Lembaga ini tak segan mempidanakan Caleg yang tak patuh.




Ketua Bawaslu Kota Pagaralam Edy Budi Ahmadi SE menyatakan, pembagian Sembako saat kegiatan kampanye tidak bisa dibenarkan. “Tidak boleh ada pembagian Sembako di kegiatan kampanye,”ucap Edy, ketika ditemui Pagaralam Pos di kantor Bawaslu, Jum’at (12/10).




Dijelaskan Edy, Sembako tidak termasuk bentuk bahan kampanye, seperti diatur dalam Peraturan KPU RI tentang Kampanye. Juga diakuinya, pembagian Sembako saat kampanye berpotensi mempengaruhi orang lain dengan iming-iming barang.




Inilah sebabnya katanya, bila ketentuan ini dilanggar, Caleg bisa dikenakan pidana Pemilu. “Nanti kalau terbukti, kasus Caleg itu bisa kami serahkan kepada Sentra Gakkumdu untuk diproses lebih lanjut,” tuturnya.




Meskipun demikian Edy menambahkan, pihaknya tidak bisa serta merta melakukan penindakan begitu saja. Pihaknya katanya, tetap akan berhati-hati agar tidak salah bertindak. Juga lanjutnya, sebelum melakukan penindakan terlebih dahulu pihaknya akan melaksanakan pencegahan. “Pencegahan dulu, baru penindakan,”sebutnya. (11)

You can leave a response, or trackback from your own site.