Tak Terpakai Rp 3,9 Miliar

Boy Arcan

PAGARALAM POS, Pagaralam – Tak semua dana Pilkada Pagaralam 2018 terpakai sesuai dengan rencana. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam mencatat, dana Pilkada Pagaralam 2018 yang tak terpakai, mencapai Rp 3 Miliar lebih.




Ketua KPU Kota Pagaralam, Boy Arcan SE merinci, total dana Pilkada Pagaralam 2018 sesuai Nota Perjanjian Hiba Daerah (NPHD) adalah Rp 27,6 M. Dari jumlah ini, telah dikeluarkan sebanyak Rp 23,7 M. “Jadi saldo dana Pilkada, sekarang tingal Rp 3,9 M lagi,” tutur Boy, dihubungi Pagaralam Pos, kemarin (10/10)




Sisa dana di saldo rekening tersebut menurut Boy, tak terpakai. Hal ini katanya disebabkan karena ada kegiatan Pilkada yang telah dianggarkan tak jadi dilaksanakan. Ia mencontohkan untuk menghadapi gugatan hukum di Mahkamah Konstitusi (MK). Dana ini katanya tak digunakan karena memang Pilkada Pagaralam nihil gugatan di MK. Kegiatan-kegiatan pendukung yang tak jadi dilaksanakan juga membuat beberapa post dana Pilkada tak terpakai.

Sembilan Tahap Pencairan
Berdasarkan dokumen yang diterima Pagaralam dana Pilkada 2018 dicairkan sebanyak sembilan tahap. Dua tahap dicairkan pada 2017 dan tujuh tahap lainnya dicairkan pada 2018. Tahap pertama 2017 dicairkan pada 27 September sebesar Rp 2,5 M. Tahap kedua dicairkan pada 16 November sebesar Rp 1,7 M.




Pada 2018, dana Pilkada dicairkan lagi sebanyak tujuh tahap. Tahap pertama dicairkan sebesar Rp 3,3 M pada 23 Februari. Tahap kedua dicairkan pada 25 Maret sebesar Rp 2 M. Pencairan tahap ketiga dilaksanakan pada 19 April sebesar Rp 1,5 M. Tahap keempat dicairkan sebanyak Rp 7 M pada 3 Mei. Pencairan tahap kelima dilaksanakan pada 3 Juli sebesar Rp 3 M. Tahap keenam dicairkan sebesar Rp 1 M pada 23 Agustus. Lalu tahap tujuh dicairkan pada 2 Oktober sebesar Rp 1,7 M.




Boy menambahkan, pihaknya saat ini masih menyusun laporan pertanggungjawaban Pilkada. Salahsatu isi laporan ini katanya, juga menyangkut dana Pilkada yang tak terpakai. Ia memastikan penyusunan laporan ini akan tepat waktu untuk kemudian disampaikan kepada KPU RI. (11)

You can leave a response, or trackback from your own site.