4 Bulan Tak Gajian, 10 Anggota ‘Penjaga Adat’ Menuntut Hak

Foto: Dok/Pagaralam Pos
KEBUDAYAAN: Kantor Lembaga Adat Besemah di jalan S Parman kawasan Koramil Lama. Foto diabadikan beberapa waktu lalu.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Sudah empat bulan ini 10 anggota Lembaga Adat Besemah tak menerima gaji. Alih-alih diberikan penjelasan, mereka justru diminta untuk bersabar. Akibatnya kinerja para ‘penjaga adat’ ini menjadi sedikit terganggu. “Anggota Lembaga Adat Besemah anggotanya berjumlah 10 orang. Sampai sekarang, belum juga menerima gaji,” kata Anggota Lembaga Adat Besemah Satarudin Tjik Olah, ketika ditemui Pagaralampos.com di kediamannya, Jum’at (19/10).




Dijelaskannya, gaji yang belum dibayarkan adalah bulan Juli, Agustus, September, sampai dengan Oktober. Total seluruhnya empat bulan. Adapun besar gajinya disebutkan Satar, besar gaji tersebut sebenarnya tidaklah besar. Per satu orang anggota katanya, menerima gaji sebesar Rp 150 ribu. Karenanya, bila ditotal untuk empat bulan, maka tiap satu anggota menerima gaji sebesar Rp 600 ribu.




Satar mengaku sudah berusaha menanyakan dengan dinas yang membawahi Lembaga Adat Besemah soal gaji para anggota. Namun menurut Satar, jawaban yang didapat tak memuaskan dan hampir selalu sama. “Kami diminta bersabar karena duitnya belum ada,” ucap Satar. (11)

You can leave a response, or trackback from your own site.