1 Tahun Sekali SPBU Wajib Ditera Ulang

Foto: dok/Pagaralam Pos
PENGAWASAN: Kepala Disperidagkop UKM dan PP Kota Pagaralam Saidi Amrullah melihat dari dekat, pelaksanaan uji tera mesin dispenser nozel di salahsatu SPBU Pagaralam.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Pasca melaksanakan uji tera terdapat di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kota Pagaralam, kembali petugas Disperindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam mengadakan pengawasan tera.




Pengawasan tera ini ditujukan, melihat sejauhmana tingkat akurasi dispenser nozel, serta tingkat kepuasan masyarakat selaku konsumen, usai melakukan pengisian bahan bakar di SPBU, yang telah dilakukan tera ulang. “Sebelumnya, kita telah melakukan giat tera ulang, merupakan permintaan dari pemilik SPBU. Khusus tera ulang ini sendiri, setiap tahun wajib untuk di tera ulang,” terang Kepala Disperdindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam Saidi Amrullah SSos MSi, kemarin.




Diakui Saidi, setiap setahun sekali, mesin dispenser nozel itu, tentu akan mengalami perubahan, karena di pakai setiap hari, setiap jam dan setiap menit. Makanya, setiap tahun harus di tera ulang. “Pengawasan pun dalam hal ini sangat diperlukan, terhadap SPBU yang melakukan tera ulang, apalagi bila dispenser nozel itu buatan lama, tingkat keakuratannya setiap tahun dapat berubah,” ujarnya.




Bila dalam satu tahun itu, kata Saidi, tingkat akurasi kekurangannya masih di ambang batas 0,1 – 0,2 liter, maka kekurangan itu masih dalam batas wajar, akan tetapi kalau sudah 0,5 liter, itu yang tidak wajar lagi. “Kita pun berharap lewat pelaksanaan tera ulang, serta pengawasan pasca tera, dapat terciptanya keakuratan mesin dispenser nozel, sehingga bisa lebih tertib ukur, kepercayaan konsumen mengisi bahan bakar di SPBU meningkat, begitu pun seluruh yang ada alat UTTP di Pagaralam bisa lebih tertib ukur,” harapnya. (09)

You can leave a response, or trackback from your own site.