Bedah Rumah Dituntut Swadaya Masyarakat

foto : Net

PAGARALAM POS, Pagaralam – Progres bedah rumah terhadap rumah tak layak huni di Pagaralam ditarget akhir Oktober 2018 ini kelar. Untuk diketahui, bahwa kegiatan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam hal mendapatkan rumah yang lebih layak, tak terlepas dari swadaya masyarakat, dalam hal ini si penerima bantuan.




Seperti halnya dengan bedah rumah yang sejak beberapa tahun belakangan ini di wilayah Kota Pagaralam. Bantuan ini pada dasarnya bersifat stimulan. Dalam artian, bantuan ini untuk membantu masyarakat mendapati rumah yang lebih layak. “Bantuan bedah rumah ini program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), sifatnya stimulan, dan harus ada kesiapan si penerima untuk berswadaya membangun rumah,” ungkap Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kota Pagaralam, A Parliansyah ST MM, melalui Kabid Perumahan Prasarana dan Sarana Umum, Elisah Hastuti ST kepada Pagaralam Pos, belum lama ini.




Dia menyebutkan; ada tiga program bedah rumah dengan sumber dana yang berbeda. Dengan alokasi bantuan dana, semisal BSPS Rp15 juta dan Rp30 juta untuk bangun baru. “Program ini tentunya untuk mendapatkan bantuan, si penerima harus memenuhi kriteria syarat, baik bedah rumah atau BSPS bangun baru,” beber dia seraya mengatakan, tentunya dengan alokasi dana stimulan tersebut dituntut adanya kesiapan swadaya masyarakat, dalam hal ini si penerima.




Ditambahkan Kasi Pendataan dan Perencanaan, Firmansyah ST, sejak berjalannya program bedah rumah pada 2015 lalu, diperkirakan berkurangnya RTLH di Kota Pagaralam yang tersebar di lima kecamatan mencapai 2.000-an unit. “Hal ini tak terlepas dengan adanya program bedah rumah melalui Bantuan Stimulan Prumahan Swadaya (BSPS),” ujarnya.




Mengenai progres program BSPS ini, ditambahkan Koordinator Fasilitas BSPS, Dodi Sandjaya mengatakan, sejak awal berjalannya kegiatan terus dilakukan pendampingan kepada masing-masing penerima. Mulai dari distribusi material bangunan, jalannya pembangunan hingga untuk laporan pencairan yang merupakan kewajiban si penerima bantuan.
“Saat ini untuk progres pengerjaan mendekati rampung, sebagian rumah masih dalam tahap finishing kendati ditargetkan akhir Oktober ini selesai,” ungkapnya, menyebutkan dengan dana stimulan tersebut si penerima dimintakan juga kesiapan untuk swadaya menyelesaikan bedah rumah dalam program ini. (06/CE-V)

You can leave a response, or trackback from your own site.