Pagaralam Sumbang Perkara Tertinggi

Capai 250 – 300 Perkara Setahun
PAGARALAM POS, Pagaralam – Kepala PA Kabupaten Lahat Drs Darul Husni SH MH menilai, jika angka presentase perkara di seluruh PA Lahat, penyumbang perkara terbanyak itu ada dari Kota Pagaralam. “Setelah kita ukur dalam presentase, dari 1.000 perkara di seluruh PA Lahat, lebih kurang 250 – 300nya berada atau berasal dari wilayah Kota Pagaralam,” sebut Darul, ketika dibincangi wartawan koran ini.




Melihat data itu, jelas Darul, tingkat volume perkaranya sekurangnya berada di grid III, kalau di bagi beberapa wilayah Lahat dengan Pagaralam, kemudian di Lintang Empat Lawang selaku wilayah Satker PA Baru, meski hingga kini Empat Lawang belum terbentung Satker PA baru.




“Penyebab utama tingginya tingkat perkara. Diantaranya, hal-hal utama kalau status kekeluargaan itu, terkait sengketa perselisihan antara suami istri, kalau bidang kewarisan sebab utamanya, ialah perselisihan berkaitan penguasaan harta benda dalam keluarga, jadi di bidang perceraian itu ada beberapa kategori, masyarakat bukan hanya berselisih, tetapi mereka meminta legal standing atau pengesahan,” paparnya.




Darul pun berharap banyak, dengan keberadaan PA disini, masyarakat Pagaralam memiliki pranata yang sempurna, yakni di bidang peradilan agama dan peradilan Negeri. “Jadi ketika PA belum ada, maka masyarakat Pagaralam itu, masih kurang pranatanya, sehingga masih bergantung di PA Lahat. Terbentuknya, PA Pagaralam maka PA dan PN disini lengkaplah sudah. Artinya, pelayanan prima di bidang hukum, terhadap masyarakat Pagaralam tercapai sudah di masa Walikota Pagaralam Alpian Maskoni SH,” tutupnya. (09)

You can leave a response, or trackback from your own site.