Survei Sumber Air Baru

Foto: ist
Survei: Tim dari UPTD PAM Kota Pagaralam survei lokasi sumber air di aliran Ayek Pematang Tengah, Talang Kubangan, Kecamatan Dempo Selatan.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Memenuhi akses pelayanan air bersih hingga menjangkau pelosok, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pagaralam melalui UPTD PAM, survei sumber mata air sebagai sumber air baku yang berlokasi di Dusun Talang Kubangan, Kecamatan Dempo Selatan belum lama ini.




Kadis PUPR Kota Pagaralam, H Hariadi Razak, melalui Kepala UPTD PAM, Haryanto kepada Pagaralampos.com mengaku survei sumber air yang diwacanakan sebagai lokasi pasokan air baku ini berlokasi di aliran Ayek Pematang Tengah. “Sumber air ini nantinya akan diusulkan dibangun pipa transmisi yang melintasi Dusun Talang Kubangan yang selama ini masih mengandalkan PAM Pedesaan sebagai sumber air bersih mereka,” kata dia.




Selain itu, usulan pipa tranmisi tersebut akan menghubungkan pengolahan air bersih atau IPA Dempo Tempo Tengah. “Karena IPA tersebut masih belum optimal melayani sekitar 900 pelanggan, termasuk suplai ke Bandara dan Ponpes Darul Muttaqien pada saat musim kemarau,” lanjut Haryanto.




Sudah diusulkan ke Ditjen SDA Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII Sumsel di awal Oktober 2018 lalu ujar dia. Haryanto optimis survei sumber air baru di aliran Ayek Pematang Tengah mampu menambah pasokan air baku bagi IPA Dempo Tengah, yang intakenya berlokasi di aliran Cughup Ayek Nyembur berjarak sekitar 8 km, dan penambahan jaringan pipanisasi ke daerah yang belum terlayani air PAM dan mudah-mudahan bisa terealisasi.




Mengenai pipa transmisi, diusulkan pemasangan pipa berdiamater 8 hingga 10 inc dengan kapasitas pasokan air baku sekitar 40 liter/detik. “Untuk layanan IPA bagi masyarakat di sejumlah kelurahan di Dempo Selatan masih belum optimal jika musim kemarau, dan harus bergantian jadwal pendistribusiannya,” ungkap dia. (PP1/CE-V)

You can leave a response, or trackback from your own site.