Parah Nih, Boks Panel Lampu Tenaga Surya Banyak Dicuri

Foto: net
Ilustrasi

PAGARALAM POS, Pagaralam – Suasana malam hari di kawasan Simpang Dusun Cawang Lama Kelurahan Muara Siban, Kecamatan Dempo Utara mendadak berubah. Dari semula terang benderang menjadi gelap gulita. Ini karena lampu penerangan jalan bertenaga surya di sini sudah tak berfungsi lagi.




“Sudah sebulan ini lampu itu tak berfungsi, kata salahseorang warga Dusun Cawang Lama yang meminta namanya tak ditulis, ditemui Pagaralampos.com Rabu (5/11). Sebabnya, peralatan penyimpan dayanya sudah hilang dicuri orang,” “Itu kotaknya sudah hilang,” katanya.




Peralatan lampu bertenaga surya, yang dicuri bukan hanya ada di sana saja. Beberapa ratus meter dari kawasan Simpang Dusun Cawang Lama, ada juga PJU bernasib sama. Kondisinya lebih parah lagi.




Selain kotak penyimpan peralatan daya hilang, lampunya juga turut lenyap entah kemana. Akibatnya, ketika malam tiba, kawasan ini juga menjadi gelap. “Penduduk jadi semakin takut kalau melintas di malam hari,” tuturnya.




Sementara, Kapolres Pagaralam AKBP Tri Saksono Puspo Aji SIKMSi melalui Kapolsek Dempo Utara Iptu Wempi A Kayadu SH mengakui, bila aksi pencurian peralatan lampu bertenaga surya sering terjadi. “Kebanyakan yang dicuri itu lokasinya di kawasan sepi. Jauh dari pemukiman penduduk,” ujar Wempi ketika dihubungi Pagaralampos.com




Ia pun memastikan, pihaknya akan mengusut kasus tersebut. Hal ini diakuinya, karena tindakan pencurian peralatan lampu bertenaga surya akan berdampak bagi terganggunya aktivitas masyarakat banyak. “Kalau ketemu, pelakunya bisa dihukum berat,” kata Wempi. (11)

You can leave a response, or trackback from your own site.