Dua Desa di Empat Lawang Berstatus Sangat Tertinggal

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Terdapat dua Desa di Kabupaten Empat Lawang, masih berstatus sangat tertinggal. Desa teraebut antara lain, Desa Tanjungning Simpang Kecamatan Saling, dan Desa Pasar Talang Padang Kecamatan Talang Padang.




Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Kabupaten Empat Lawang, Agus Rochmad Basuki melalui Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes), Agusman Mulyadi mengatakan, kedua Desa tersebut masih berstatus Desa yang sangat tertinggal, berdasarkan data yang pihaknya terima langsung dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia.




“Kita hanya menerima data dari pusat. Alasan mengapa dua desa itu masuk dalam data Desa yang sangat tertinggal, kita tidak tahu itu,” ungkap Agusman Mulyadi saat disambangi wartawan di ruang tugasnya, kemarin.




Sementara, untuk Desa di Kabupaten Empat Lawang yang berstatus Desa yang sudah maju, yakni Desa Tapa Baru Kecamatan Sikap Dalam dan Desa Padang Tepong, Kecamatan Ulu Musi. “Desa yang berstatus sudah maju juga dua Desa. Sama halnya dengan Desa yang sangat tertinggal, penilaian untuk Desa yang sudah maju ini juga berdasarkan data Kemendes PDTT Republik Indonesia,” jelasnya.




Selain Desa yang berstatus sangat tertinggal dan Desa yang sudah maju, lebih dari separuh Desa di Kabupaten Empat Lawang, masih berstus tertinggal dengan total sebanyak 91 Desa yang tersebar di 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Empat Lawang. “Kalau jumlah Desa berkembang, hitung saja sendiri, di Kabupaten Empat Lawang ini ada 147 Desa, jika Desa yang sangat tertinggal hanya dua Desa, Desa yang maju juga hanya dua Desa, dan desa tertinggal sebanyak 91 desa, sisanya adalah Desa yang berstatus berkembang,” tukasnya. (07)

You can leave a response, or trackback from your own site.