Program PTSL 2019, Pemkot Pagaralam dan BPN Targetkan 6.000 Sertifikasi Tanah

Foto: Ist
SIMBOLIS: Walikota Pagaralam Alpian Maskoni didampingi Kepala BPN Kota Pagaralam Nexon, menyerahkan sertifikasi tanah kepada perwakilan masyarakat.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Berbeda dengan tahun 2018 lalu, di 2019 ini, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Pagaralam mendapatkan target 6.000 sertifikasi tanah di program Pendaftaran Sistematis Lengkap (PTSL), yang akan dijalankan dengan fokus di 8 kelurahan Kota Pagaralam.




“Untuk capaian program PTSL tahun 2019, kita mendapatkan target sebanyak 6.000 sertifikasi tanah, baik itu pemetaan maupun sertifikasi. Fokusnya, terdapat di 8 Kelurahan Kota Pagaralam,” terang Kepala BPN Kota Pagaralam Nexon SH, kemarin.




Adapun 8 Kelurahan masuk fokus pemetaan, kata Nexon, antara lain Kelurahan Bangun Jaya, Kelurahan Bumi Agung, Kelurahan Tegur Wangi, Kelurahan Jangkar Mas, Kelurahan Candi Jaya, Kelurahan Penjalang dan Kelurahan Tanjung Agung.




“Sedangkan untuk daerah Kelurahan lain, kita masih melihat perkembangan, tapi tetap kita jangkau, karena itu tadi fokus kita sekarang, lebih kepada pemetaan bidang-bidang tanah masyarakat, jadi sistem kita sedikit diubah, semua kita sasar ukur sepanjang mau diukur, kalau mau sertifikat silakan lengkapi dokumen persyaratan,” tegasnya.




Bila ada masyarakat tidak mau melengkapi, tambah Nexon, berarti hanya sekedar buat pemetaan bidang tanah saja. “Memang sasaran kita itu, ingin masyarakat mensertifikatkan bidang tanahnya, tapi kalau masih ada masyarakat, yang belum mau ya apa boleh buat,” ujar Nexon.




Nexon berharap, melalui program PTSL yang berjalan tersebut, bidang-bindang tanah masyarakat, kendati belum tersertifikat tapi sudah terpetakan. “Itu tadi sasaran kita memang ke arah pemetaan, kemudian baru kita sasar yang ingin mensertifikatkan tanah, dengan cara melengkapi dokumen persyaratan, alhamdulillah dukungan dari Pemkot Pagaralam sangatlah baik, kita berharap di tahun 2019 ini, partisipasi masyarakat bisa jauh lebih meningkat,” harap Nexon. (09)

You can leave a response, or trackback from your own site.