Disdukcapil Siapkan 12 Ribu Blanko KIA

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Empat Lawang, Peterson OKI Bial melalui Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Kependudukan Yeni Novita mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 12 ribu blanko untuk Kartu Identitas Anak (KIA). “Ya, ada 12 ribu blanko yang akan kita siapkan untuk KIA,” katanya saat ditemui Palembang Pos diruang kerjanya, kemarin.




Dijelaskan Yeni, untuk pencetakan KIA baru akan dilakukan pihaknya pada semester dua nanti. “Untuk semester awal ini kita masih melakukan sosialisasi dulu kepada masyarakat sekitar, sambil mendata. Dan semester dua baru kita lakukan pencetakan,” jelasnya.




Diakuinya, untuk sosialisasi seharusnya sudah dilakukan pada akhir tahun 2018 lalu. Namun, karena keterbatasan anggaran membuat sosialisasi dilakukan pada tahun 2019 hingga semester pertama. Masih dikatakan Yeni, syarat untuk membuat KIA membawa Kartu Keluarga (KK) dan akte lahir. “KIA ini berlaku sampai dengan usia 17 tahun kurang 1 hari ,” ungkapnya.




Ditambahkan Yeni, manfaat dari KIA untuk pendaftaran anak sekolah kemudian untuk keperluan lain seperti identitas membuka tabungan di bank untuk mendaftar BPJS. (07)

You can leave a response, or trackback from your own site.