Kesulitan Angkut Hasil Panen

Foto: Pidi/Pagaralam Pos
HASIL GOTONG-ROYONG : Ketua RW Dusun Tanjung Keling Mustofa menunjukkan kondisi jalan usaha tani yang dibangun secara swadaya kemarin.

PAGARALAM POS, Pagaralam- Masyarakat Dusun Tanjung Keling Kelurahan Burung Dinang Kecamatan Dempo Utara membangun jalan usaha tani secara swadaya. Pembangunan jalan ini ditujukan supaya mereka kelak tak susah lagi mengangkut hasil panen dari kebun kopi.




Pantauan Pagaralam Pos kemarin (28/1), jalan usaha tani itu berpangkal dari Dusun Tanjung Keling lalu membelah beberapa bidang kebun kopi maupun sayur. Jalan yang sedang dibangun ini berupa semen.




Ketua RW 02 Dusun Tanjung Keling Mustofa menuturkan, selama ini para petani sangat susah ketika hendak menuju maupun pulang kebun. Demikian pula ketika hendak mengangkut hasil panen berupa kopi maupun sayur. Ini karena kondisi jalan yang buruk. “Kalau mau ke kebun, mau tidak mau ban motor dikasih rantai,”tuturnya.




Itulah sebabnya lanjut Mustofa, masyarakat Dusun Tanjung Keling serta petani dari dusun lainnya yang berkebun di sana berembug. Lalu diputuskanlah untuk membangun jalan usaha tani yang lebih layak secara bersama-sama. “Dana pembangunannya berasal dari swadaya masyarakat. Pembangunannya dikerjakan bersama-sama,”tuturnya.




Jalan usaha tani yang sebelumnya berupa tanah diperlebar lalu ditutupi dengan adonan semen bercampur pasir. Saat ini Mustofa mengatakan, panjang jalan yang baru disemen mencapai lebih kurang 50 meter. Masih ada sekitar 150 meter lagi yang harus disemen.




Sementara itu Lurah Burung Dinang Franses Jhoniko SE menyambut baik inisiatif warga Dusun Tanjung Keling yang membangun jalan usaha tani secara swadaya. Jalan ini diharapkan memperlancar aktivitas petani. (11)

You can leave a response, or trackback from your own site.