Hasilkan Biji Kopi Berkualitas, KSM Kopi Bubuk Lirik Green House

Foto: Ist/Sri Mulyani
GREEN HOUSE: Pembuatan green house oleh KSM binaan BDC berlokasi di Dusun Rimba Candi, Kecamatan Dempo Tengah.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Setelah belum lama mengikuti pelatihan pengolahan kopi, yang digelar Business Development Center (BDC) Pagaralam melibatkan Dewan Kopi Sumsel. Akhirnya, KSM Industri Kopi Bubuk dan petani kopi mulai menerapkan pengolahan yang baik dengan memanfaatkan tehnik green house.




Sri Mulyani, salahsatunya, KSM Dusun Rimba Candi ini, secara swadaya KSM sudah membangun green house untuk penjemuran biji kopi yang dipanen. “Sudah kita buat, belakangan ini petani kopi dari KSM sudah melakukan penjemuran,” katanya.




Saat ini, petani kopi khususnya dirinya tak lagi melakukan penjemuran di tempat terbuka, dalam hal ini terkena sinar matahari langsung. Diketahui, awalnya pembuatan green house ini, setelah mengikuti pelatihan pengolahan biji kopi dari BDC bersama Dewan Kopi Sumsel.




“Diharapkan dengan adanya green house ini, biji kopi kering yang dihasilkan bisa berkualitas,” ujarnya seraya mengatakan persoalan saat ini cuaca yang tidak mendukung, karena beberapa hari terakhir cuacanya mendung, sehingga biji kopi sedikit lambat kering yang idelanya satu minggu bisa kering untuk diolah lagi.




Sementara itu, Ketua Komite BDC Kota Pagaralam, Yeni Asmara didampingi Manager Pengelola, Nisdiarti mengatakan, bahwa pihaknya untuk berupa mengoptimalkan pembinaan kepada KSM binaan yang diharapkan mindsite terhadap pengolahan kopi.




“Selama ini, pengolah biji kopi masih ada yang dijemur diatas tanah dan di bawah terik matahari langsung, belum lagi masih ada yang petik pelangi, dalam hal ini panen buah kopi tidak petik merah. Padahal ini, penanganan pasca panen ini sangat mempengaruhi kualitas biji kopi. Baiknya, panen petik merah dan penjemuran di green house,” pungkasnya. (06)

You can leave a response, or trackback from your own site.