Dibangun MCK Plus, Warga Besemah Serasan Tak Lagi Kesulitan Air Bersih

Foto: Ist/Verizal
KOTAKU: Bangunan MCK Plus berada di lingkungan RT 05 RW 02 Kelurahan Besemah Serasan.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Program infrastruktur Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di tahun lalu, hasilnya benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. Seperti yang dirasakan masyarakat di Jalan Kenangan, lingkungan RT 05 RW 02 Kelurahan Besemah Serasan.




Di lokasi tersebut, melalui program pengentasan kawasan kumuh sudah dibangun sarana MCK plus, dalam hal ini dibuat sumur bor. “Melalui program KOTAKU tahun lalu, disejumlah Kelurahan kita banyak dibangun sarana pendukung yang dibutuhkan masyarakat,” ungkap Verizal, Lurah Besemah Serasan.




Dia menyebutkan, MCK plus ini merupakan salahsatu infrastruktur yang dibangun melalui dana KOTAKU. Sangat bermanfaat, kata dia. Sebab, sebelumnya masyarakat setempat masih kesulitan air bersih dikarenakan di pemukiman warga tersebut belum tersentuh dengan pelayanan air PAM.




“Selama ini mengandalkan air sumur. Namun kondisinya saat ini sudah dinilai tak lagi layak untuk dikonsumsi apalagi untuk memasak,” katanya seraya mengatakan dengan adanya bangunan MCK ini diharapkan prilaku BAB di luar (siring, red) tidak lagi dilakukan.




Lanjut Verizal, bahwa manfaat ini MCK dan sumur bor ini bisa untuk sekitar 40 hingga 50 KK. “Tidak hanya itu, dari sumur bor ini ari bersihnya bisa dialirkan langsung ke rumah rumah terdekat. Namun konsekuensi atau kesepatakn dari kelompok penerima pemanfaat untuk turut andil melakukan pemeliharaan seca ra bersama,” pungkasnya. (06)

You can leave a response, or trackback from your own site.