Ada Baleho di Area Masjid

Foto : Heru/Pagaralam Pos
BALEHO : Tampak baleho salah satu calon legislatif yang terpasang dalam area masjid, Kamis (7/2).

PAGARALAM POS, Lahat – Pemasangan baleho calon legislatif berada di halaman Masjid Muhajirin, di Jl Kol H Barlian, simpang jalan Veteran Lahat, rupanya menuai protes. Pasalnya, aturan sudah jelas melarang, lingkungan tempat ibadah jadi tempat pemasangan alat peraga kampanye.




Menariknya baleho yang mencantumkan nama H Erwin Noeslimin, Anggota DPR RI 2014-2019. Sekaligus calon anggota DPR RI dapil Sumsel II, dari PDI Perjuangan ini. Terpajang kokoh di billboard milik Pemkab Lahat, yang masuk dalam area masjid.




Ketua Komisioner KPUD Lahat Nana Priana SHi MM menerangkan, sesuai PKPU No 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu. Tertera dipasal 34 ayat 2 bahwa APK dilarang berada di tempat ibadah, termasuk halaman, di rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, gedung milik pemerintah, dan lembaga pendidikan (gedung dan sekolah). “Ini jelas sudah melanggar. Untuk penertibannya kita serahkan ke pihak Bawaslu Lahat,” ungkap Nana, Kamis (7/2).




Sementara, Ketua Bawaslu Lahat Andra Juarsyah mengatakan, pihaknya akan mengirimkan surat peringatan melalui Ketua DPC PDIP Lahat, terkait temuan itu. Juga sudah lakukan koordinasi dengan pihak terkait. Apabila dalam 3×24 jam tidak dilepaskan, akan ditertibkan paksa bersama Satpol PP.
“Baleho itu juga segera kita pasangi stiker bertulisankan Melanggar. Berbarengan dengan beberapa APK, yang ditemukan melanggar di Desa Muara Siban Lahat,” tegas Andra. (mg02)

You can leave a response, or trackback from your own site.