4 Tahun Menunggu, Akhirnya Begini Pemukiman di Beringin Jaya

Foto: Wiwin Sihasali/TF 26 Kotaku
KOTAKU: Warga terlihat bersantai di jalan lingkungan warna warni di lingkungan RT 005 RW 002.

Pagaralampos.com – Beringin Jaya merupakan salahsatu kelurahan yang ada di Kecamatan Pagaralam Utara yang disentuh program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di tahun 2018. Empat tahun menunggu, setelah melewati perjuangan panjang, akhirnya disuntik dana Bantuan Dana Investasi (BDI).




Tahun 2018, Kelurahan Beringin Jaya dikucurkan dana 1 miliar untuk pelaksanaan program Kotaku, ujar Wiwin Sihasali SE, Senior Fasilitator TF 26 Kotaku, kepada pagaralampos.com.




“Bantuan tersebut untuk kegiatan pembangunan infrastruktur lingkungan.meliputi jalan paving block, drainase lingkungan dan sumur bor,” ujar dia.




Alhamdulillah pelaksanaan sudah dilakukan. Dan hasilnya seperti yang ada saat ini. Sudah dipastikan penampilan pemukiman warga disejumlah RT tersebut berubah total. “Kelurahan Beringin Jaya masuk SK Kumuh Walikota pada tahun 2014 dengan luas areal kumuh sekitar  5,92 Ha. Ada 16 RT, sementara yang termasuk wilayah deliniasi SK Kumuh Walikota hanya 5 RT,” katanya.




Wilayah tersebut meliputi, lingkungan  RT.002 RW.001, RT.003 RW.001, RT.004 RW.001, RT.005 RW.002 dan RT. 006 RW.002.  “Wilayah RT RW inilah yang jadi sasaran pembangunan infrastruktur program Kotaku,” katanya.




Ditambahkan, Verizal, Lurah Besemah Serasan mengatakan, bahwa dirinya menyambut baik adanya pembangunan di lingkungan warga kelurahannya. “Bahkan untuk persoalan air bersih saja, di kelurahannya dibanguan sekitar 16 titik sumur bor. “Kita harapkan dengan adanya fisik hasil pembangunan Kotaku ini diharapkan adanya peran serta masyarakat untuk merwatnya secara swadaya seperti sumur bor yang air bersihnya mengalir ke rumah warga,” pungkasnya. (PP1)

You can leave a response, or trackback from your own site.