Dorong KSM Kantongi PIRT

Foto: ist/Pagaralam Pos
Izin: Aktifitas pembuatan pangan olahan salahsatu produk dari pelaku industry rumahan.

Pagaralampos.com – Pertumbuhan industry di Kota Pagaralam dari tahun ke tahun masih didominasi dengan menjamurnya home industry atau industry rumah tangga. Ketatnya persaingan pasar menjadi perhatian khususnya Business Development Center (BDC) Pagaralam dalam hal menjaga kualitas serta keamanan konsumsinya.




Oleh karenanya BDC berupaya untuk intens melakukan pembinaan kepada para KSM Binaan yang bergerak memproduksi kopi bubuk serta pangan olahan. Salahsatunya pelatihan mengenai izin pangan industri rumah tangga (PIRT).




“Jika tak ada halangan kita akan menggelar pelatihan serta memberikan pemahaman pentingnya kepemilikan PIRT khususnya kepada para KSM binaan,” ungkap Ketua Komite BDC Pagaralam, Yeni Asmara didampingi Widia, anggota Komite kepada pagaralampos.com belum lama ini.




Dia juga menyebutkan, pentingnya PIRT untuk dikantongi setiap pelaku usaha juga bagi para KSM binaan tak lain dari sisi kualitas serta keamanan pangannya juga sebagai salahsatu syarat untuk berdaya saing.




“Ya, salahsatu syarat agara produk kita bisa bersaing harus tertera izin PIRTnya. Misalkan, untuk bisa masuk ke supermarket atau pusat perbelanjaan di luar Pagaralam. selain itu juga ada rekomendasi halal, atau dari BPOM,” katanya.




Untuk rencana pelatihan yang akan dijadwalkan ini, pihak BDC akang menggandeng pihak Dinas Kesehatan Kota Pagaralam. “Instansi ini yang berkompeten menerbitkan izin dimaksud,” kata Yeni seraya mengatakan untuk sejauh ini BDC memiliki puluhan KSM Binaan yang bergerak memproduksi kopi bubuk serta pangan olahan. (PP1)

You can leave a response, or trackback from your own site.